» » Penyakit TBC Di Indonesia Menduduki Peringkat Ke Dua Di Dunia

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Penyakit Tuberculosis (TBC) di  Indonesia menduduki peringkat kedua di dunia. Selain TBC,   penyakit menular lain seperti HIV/AIDS dan Demam Berdarah (DBD).juga memiliki tingkat penyebaran cukup tinggi. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah,dr Yulianto Prabowo di sela sela bakti sosial pengobatan gratis dalam rangkaian perayaan Tri Suci Waisak 2560BE/2016, di Taman Lumbini, Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Kamis (19/5).

"Saat ini masih banyak ditemui berbagai penyakit menular, diantaranya HIV/AIDS dan demam berdarah.  Bahkan, Indonesia tercatat menduduki
peringkat kedua di dunia,"kata Yulianto.

Dia menilai bahwa penyebab dari banyaknya penyakit menular ini adalah perilaku kesehatan masyarakat yang belum baik.
Hipertensi dan diabetes menjadi dua penyakit dengan jumlah penderita yang cukup banyak khususnya di Jawa Tengah, yakni hampir 30 persen dari jumlah penduduk Jateng.

"Hal ini disebakan pola makan yang kurang baik, diantaranya  konsumsi gula dan lemak yang melebihi
batas, "ujar Yulianto.

Diketahui  bakti sosial berupa pengobatan gratis merupakan  rangkaian perayaan TriSuci Waisak dilaksanakan oleh Perwakilan Umad Budha Indonesia (walubi) selama dua hari (19-20/5) dengan sasaran masyarakat Jawa Tengah dan Borobudur yang kurang mampu dan tidak mampu.  Dengan tema "Pencerahan untuk Kebahagiaan Diri Masing-masing" dan
sub tema "Buddha Dharma dan Pancasila Buddhis Menuntun Hidup Dalam Kebijaksanaan" baksos tersebut melibatkan sedikitnya 200 tenaga dokter serta 368 tenaga paramedise dengan target 8 ribu pasien.(zis)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply