» » Gandeng Media KPU Jaring Pemilih Pemula

MUNGKID,KABARMAGELANG.com__KPU gandeng media tingkatkan pemahaman terhadap demokrasi dan politik khususnya bagi anak sekolah serta pemilih pemula. Diharapkan pemilih pemula mampu berpartisipasi dan terus meningkat. Hal terbut disampaikan oleh ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffudin dalam Media Gathering Meningkatkan Sinergi Kemitraan KPU dengan Pers, di aula KPU,  Kamis (15/9).

Ketua KPU Afiffudin menegaskan bahwa pemahaman demokrasi bagi generasi muda sangat penting, agar partisipasi masyarakat khususnya pemilih pemula semakin meningkat.

"Kami juga melakukan pendidikan politik pemula mulai dari sekolah-sekolah. Harapanya pemahaman yang mereka dapat bisa disampaikan kepada masyarakat untuk persiapan Pilkada serentak, 2018 mendatang," ujarnya.

Didampingi komisioner KPU lainya, dia menjelaskan bahwa KPU akan terus mencari gagasan yang bisa menarik masyarakat terhadap demokrasi. "Tentunya gagasan ini juga harus ada sport dari media massa, sehingga bisa diketahui masyarakat," tutur Afiffudin.

Sementara, Devisi Pemutakhiran Data Pemilih, Wardoyo menandaskan, pemilihan Pilkada serentak termasuk  Kabupaten Magelang, akan dilaksanskan Juni 2018 bersamaan dengan Pilgub. Dan jika ada calon perseorangan maka di wajibkan mencari dukungan sebanya 7,5 persen dari DPT pilpres 2014 lalu. Sesuai dengan UU no 10 tahun 2016 sebagai perubahan atas UU no 8 tahun 2014.

“Kalau DPT pilpres 2014 lalu sebanyak 959.636 maka 7,5 persenya adalah 71.972 dukungan yang harus di kumpulkan. Dari 7,5 persen tersebut minimal juga harus tersebar di 50 persen wilayah Kabupaten Magelang,” jelasnya.

Dia menambahkan, jelang tahapan Pilkada 2018 mendatang, KPU Kabupaten Magelang telah mempersiapkan rumah pintar yang bisa dikunjungi semua lapisan masyarakat dan pelajar sebagai wahana pemahaman demokrasi yang bisa  merangsang pemilih untuk menggunakan hak pilihnya.

"Kita sedang susun konsepnya. Dalam waktu dekat akan kita sosialisasikan. Kita sediakan juga wahana yang  bisa untuk foto selfie," pungkas Wardoyo.(zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply