» » Permentasi Urine Sapi Meningkatkan Hasil Pertanian 19 kali lipat

SRUMBUNG, KABARMAGELANG.com__Nur Waluyo (45) warga Gowok, Desa Polengan, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, berhasil meningkatkan hasil panen ketimun dengan menggunakan urine sapi. Limbah sapi yang sudah dipermentasikan terlebih dahulu ini bisa menghasilkan hingga 19 kali lipat, serta panen lima hari lebih cepat.

Nur Waluyo,  mulai mencoba menggunakan urine sapi, sejak satu tahun belakangan ini. Hasilnya selain mampu panen lebih panjang dan maju lima hari dari sebelumnya, tanahnya juga terlihat lebih subur. Terbukti, tanaman lainnya juga tumbuh dengan baik.

“Hama dan OPT (organisasi pengganggu tamanan) juga turun. Hasil panen jauh meningkat dari sebelumnya,” katanya, Selasa (4/10).

Dia menjelaskan awal  memulai mencoba membuat permentasi urine sapinya ini, dari beberapa pelatihan yang ia ikuti. Kebetulan ia memilihara beberapa ekor sapi dirumahnya. Hasil permentasinya langsung ia gunakan  penelitian dan percobaan dilahannya.  
“Ternyata, hasilnya jauh dari perkiraan saya,” ujar Nur Waluyo.

Lebih lanjut Nur Waluyo memaparkan jika satu ekor sapi dengan bobot badan 400–500 kg dapat menghasilkan limbah padat dan cair sebesar 27,5-30 kg/ekor/hari. Sebagai limbah organik yang mengandung lemak, protein dan karbohidrat, dan apabila tidak cepat ditangani secara benar, maka dapat menimbulkan kotoran disertai dampak negatif yang ditimbulkan  seperti pencemaran air, udara dan sumber penyakit.

“Ini cocok untuk petani sebagai pengganti pupuk kimia yang jauh lebih mahal.  Selain mampu memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologis tanah, permentasi dari urine sapi ternyata juga meningkatkan ketersediaan nutrisi dan senyawa organik pada tanah. Kemudian, mampu juga menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk meningkatkan produksi,” jelas Nur Waluyo.(zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply