» » Teknologi Penyimpan Darah Pandatex Tacolek Karya Mahasiswa UM Magelang Segera Dipatenkan

MERTOYUDAN, KABARMAGELANG.com__Empat mahasiswa Prodi  Mesin Otomotif D3 Fakultas Teknik UM Magelang ciptakan teknologi pengkondisian darah. Tehnologi yang di beri nama PENDATEK TACOLEK (Pengkondisian Darah Teknologi Thermo Air Conditioner Electric), tersebut tahan menyimpan darah lebih lama dari pada  ice box konvensional yang selama ini masih di gunakan.

Keempat mahasiswa tersebut, yakni Andi Rahmawan, Egy Yuliarawanto, Bagas Arief Prasetyo dan Sakak Ady Prakasa. Bahkan proposal yang mereka buat  berhasil lolos dalam Progam Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Karsa Cipta Kemenristek Dikti 2017.
Ketua tim Muhammad Andi Rahmawan, menjelaskan timnya telah  melakukan sebuah terobosan baru dengan memodifikasi alat ice box konvensional untuk membawa darah di dalam mobil agar tetap segar dan tidak membeku.

"Konsep yang dilakukan adalah melalui teknologi pengkondisian darah menggunakan thermo electric peltier sebagai refrigerator. Thermo electric peltier ini menggunakan listrik sebagai sumber energy sehingga tidak merusak lingkungan, baik menipisnya lapisan ozon maupun Global Warming Potensial," jelasnya di Kampus UM Magelang baru-baru ini.

Dengan bimbingan dosen Mesin  Otomotif Bagiyo Condro Purnomo, ST.,M.Eng, keempat mahasiswa itu  berharap agar alat yang diciptakan itu akan memberi dampak positif di dunia kesehatan dan lingkungan masyrakat.

“Jika alat ini berhasil dalam pengujian sebagai mana fungsi untuk membawa darah agar tidak rusak, maka kedepan alat ini akan kami publikasikan serta patenkan sebagai produk hasil karya mahasiswa, UM Magelang,” ujar Andi.

Disebutkan gagasan PENDATEK TACOLEK muncul,  dari adanya masalah yang sering terjadi dalam membawa darah menggunakan ice box konvensional yang saat ini masih digunakan.  Pada transportasi di Indonesia yang sering mengalami kemacetan,  dan kondisi jalan yang masih banyak mengalami kerusakan,  sehingga untuk mengantarkan darah dari PMI ke resepient menjadi terlambat dan bisa  mengakibatkan darah menjadi  rusak. Dan pada PENDATEK TACOLEK ini ternyata bisa mengantisipasi terjadinya kerusakan darah akibat lamanya transportasi dari PMI atau pendonor ke resepient. (Kb.M1)




About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply