» » 50 Perwakilan Kelompok Tani Ikuti Bintek Pembuatan Pakan Ternak Berkualitas Ramah Lingkungan

SAWANGAN, KABARMAGELANG.com__Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang, melakukan bimbingan teknis (Bintek) pembuatan pakan ternak dari hasil fermentasi jerami indigofera yang mampu meningkatkan kualitas sapi potong betina (sipona), hemat biaya, tahan lama serta ramah lingkungan kepada Kelompok Tani ‘Tunas Harapan’ Dusun Podo, Desa Podosoko, Kecamatan Sawangan, Kamis (13/7). Bintek selama sehari tersebut diikuti sebanyak 50 perwakilan kelompok tani se Kecamatan Sawangan dan dibuka langsung oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP.

“Semakin tingginya harga pakan tambahan seperti polard, ampas, bekatul, jagung, membuat operasional petani membangkak. Ini terobosan yang harus diapresiasi,” kata Bupati, saat membuka Bintek

 Dia menegaskan bahwa kegiatan semacam ini sangat penting untuk menjawab kebutuhan pakan ternak sekaligus  sebagai sarana untuk melakukan edukasi dibidang pakan ternak.

“Penggunaan tanaman indigofera, merupakan terobosan dalam rangka meminimalisir biaya operasional petani. Di sisi lain, tanaman indigofera adalah sumber protein yang tinggi mencapai 24 persen,” ujarnya.

Kepala Dinas Peterikan, Ir Sri Hartini berharap teknologi hasil penelitian ini bisa diterapkan sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani dan peternak diwilayah ini. 

“Banyak keuntungan yang akan didapatkan. Selain menghemat biaya operasional, tapi juga ramah lingkungan dan lebih tahan lama,” imbuhnya.

Sementara penggagas pembuat pakan ternak Ahmad Dahroji,  mengungkpkan, latar belakang membuat pakan fermentasi menggunakan tanaman indigofera ini, salah satunya karena masih banyaknya sisa pakan yang kurang dimanfaatkan.

“Berawal dari itu, akhirnya saya memanfaatkan sisa pakan itu untuk diolah kembali dengan ditambah beberapa bahan. Selain tanaman indigofera, juga ada ketela, jerami, MA 11 (pro biotik), bekatul dan tetes tebu. “tandasnya. (Kb.M1)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply