» » Peserta Ujian Jabatan Perangkat Desa Di Kabupaten Magelang Cukup Tinggi

MUNGKID. KABARMAGELANG.com__Antusias untuk menduduki jabatan perangkat desa di Kabupaten Magelang tergolong cukup tinggi, bahkan mereka banyak yang lulusan sarjana maupun diploma. Sepeti di Desa Blondo, Kecamatan Mungkid, dari 6 formasi yang di butuhkan terdapat 18 orang peserta yang mengikuti test menjadi perangkat desa.  Test yang di selenggarakan di di Aula SMP Muhamadiyah Mungkid, Kamis 20/7), tersebut untuk memperebutkan formasi 1 Sekertaris Desa, 1 Kaur Kesra dan 4 Kepala Dusun.

Sesuai dengan keputusan Bupati Magelang no 180.182/86/KEP/2017 tanggal 13 Maret 2017 perihal  pengisian perangkat desa di Kabupaten Magelang, dilaksanakan ujian tertulis mulai tanggal 14 Juli 2017 yang diikuti 113 Desa dari 12 Kecamatan se Kabupaten Magelang, dengan ketentuan umur minimal 20 tahun maksimal 42 tahun serta pendidikan minimal SLTA.
  
Kepala Desa Blondo Suharto Udi,  mengatakan  untuk pelaksanaan ujian ini pihaknya telah  membentuk Tim seleksi dari Desa dengan anggaran APBdes tahun 2017 sebesar Rp.19.900.000,-. Namun demikian untuk materi soal  yang di ujikan pihak desa meminta kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Kabupaten Magelang yang membuat.

“Untuk soal ujian kami meminta kepada Dispermades yang membeikan soal ujian sekaligus memonitoring ujian ini.  Sebenarnya desa berhak memberikan ujian materi sendiri.  Ini agar lebih  transparan dan akuntabel,” jelasnya.

Salah satu tim monitoring dari Dinpermades Kabupaten Magelang Wardiyati.  Menyebutkan  bahwa materi ujian sebenarnya bisa dari Pemerintahan Daerah, Kecamatan, atau Desa itu sendiri atau  perguruan tinggi.

”Materi yang diujiankan yakni tentang Pemerintahan dan Pemerintahan Desa, Peraturan Perundang-undangan, Teknologi Informatika, Logika penghitungan numeric, organisasi dan manajemen serta kepimimpinan khusus,” ujarnya.

Dia menambahkan tahun 2017 ini formasi kebutuhan perangkat desa terdapat di  12 kecamatan yakni Kecamatan  kaliangkrik 16 Desa,  Pakis 11 Desa, Srumbung 10 Desa, Salaman: 3 Desa, Kajoran 22 Desa, Mungkid 3 Desa, Sawangan 6 Desa, Candimulyo 13 Desa,  Salam 1 Desa,  Secang 8 Desa, Bandongan 10 Desa,  dan Kecamatan Borobudur 10 Desa.

“Dan hanya Desa Blondo yang meminta kami fasilitasi untuk soal ujiannya, laninya semua dari desa masing-masing,” ternagnya. (Kb.M1)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply