» » Eco Brick Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Perabot Rumah Tangga

MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang  menggelar pelatihan Eco Brick. Pelatihan yang diikuti oleh  perwakilan Bank Sampah se-Kabupaten Magelang dari 21 Kecamatan, bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas pengelola Bank Sampah dari limbah plastik menjadi perabot rumah tangga. 

Eco Brick sendiri  merupakan pemanfaatan sampah plastik yang dimasukan kedalam botol plastic air mineral hingga penuh dan padat, yang  bisa dipakai sebagai bahan baku pengganti batu bata untuk dinding rumah serta perabot seperti kursi, tempat tidur, meja dan lain sebagainya.

Kasi Pengendalian Pencemaran Udara dan Limbah B3 dari DLH Kabupaten Magealnag Irhamdi Noor Syarif,  menerangkan hasil eco brick ini nantinya bisa dipergunakan menjadi bahan baku berbagai perabot seperti kursi, tempat tidur, meja dan lain sebagainya.

”Bisa juga untuk menjadi bahan pengganti batu bata bangunan rumah seperti di luar negeri, misalnya Negara Kanada Eco Brick sudah digunakan untuk bangunan rumah atau penyekat ruangan,” katanya, di sela-sela pelatihan.

Dia menyebutkan tujuan sebanarnya adlah untuk menyelamatkan lingkungan.  Dengan memanfaatkan limbah plastik yang selama ini hanya menjadi sampah tidak berguna,

“Saya berharap pelatihan ini nantinya mampu mengedukasi anggota bank sampah di Magelang khususnya dan bisa menyebar ke masyarakat luas,” pungkas Irhamdi. (Kb.M1)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply