» » Perkemahan Maarif di Magelang Rencana dihadiri Presiden




KabarMagelang.com= Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama tidak lama lagi akan mengadakan Perkemahan Wirakarya Pramuka Ma'arif Nasional (Perwimanas) ke‎-‎II pada 18-23 September 2017 di Bumi Perkemahan Lapangan Tembak Akmil Salaman Magelang, Jawa Tengah.
menurut sumber dari Panitia Lokal perkemahan tersebut rencana akan dihadiri oleh Presiden,

“Perkemahan Pramuka itu menarik, belajar dari perkemahan sebelumnya, kita bisa melihat perbedaan budaya dari berbagai derah di Indonesia, itu salah satu yang menjadikan kami sangat semangat mempersiapkannya," kata Ketua Sako Pramuka LP Ma'arif NU, Muchsin Ibnu Djuhan, Sabtu 4 maret 2017.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj mengatakan, budaya itu harus menjadi infrastruktur atau pondasi agama. “Tanah air dulu yang kokoh, baru agamanya,” kata Kiai Said mengawali pembicarannya saat memberikan sambutan dalam acara peluncuran Perkemahan Wirakarya Pramuka Ma’arif NU Nasional (Perwimanas) II dengan tema Ahlussunnah wal Jamaah An Nahdliyah: Kokohkan Karakter Generasi Bangsa yang diselenggarakan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU di Lantai 8 Gedung PBNU Jakarta, Sabtu (25/3 2017).

Kiai Said juga meminta kepada Nahdliyin untuk aktif dan menyebarkan Islam damai di dunia maya. “Kita harus menguasai medsos (untuk mendakwahkan Islam yang damai dan ramah). Kalau tidak pakai medsos, kalah kita,” cetusnya.

Terkait dengan agenda Perwimanas, Kiai Said berharap, kegiatan tersebut bisa melahirkan kader-kader muda yang berpaham Ahlussunnah wal Jama’ah.

“Semoga membawa kemajuan kepada Ma’arif, ” terangnya.

Sementara itu, Ketua LP Ma’arif NU KH Z Arifin Junaidi mengatakan, acara perkemahan ini adalah yang kedua.

Lebih jauh, ia menyebutkan, tujuan diadakannya kemah nasional ini ada dua. Pertama, melahirkan kader-kader muda yang memiliki paham Aswaja An Nahdliah.

“Yang kedua, kita ingin menciptakan kader NKRI harga mati,” jelasnya.

Menurutnya, Lembaga Pendidikan Maarif NU ingin memberikan kontribusi terhadap pembangunan mental dan karakter anak bangsa melalui kegiatan kepramukaan yang dikemas dalam bentuk perkemahan secara nasional, dan dilandasi dengan semangat aqidah ahlulssunah waljama'ah.

"Melalui LP NU ini, kita ingin bisa memberikan sumbangsih terhadap bangsa dan negara. Karena di Pramuka ada semangat persatuan, semangat bela negara, dan nasionalisme yang tinggi," ujarnya.


Terkait kegiatan kemah tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga H Imam Nahrawi mengatakan akan mendukungnya. “Kita tidak hanya mendukung, tetapi mendorong,” kata H Imam disambut gelak tawa penonton. Ia berharap, acara kemah nasional yang diselenggarakan LP Ma’arif NU itu bisa membawa dampak yang positif.


Perwimanas 2017 mengambil tema `Ahlussunnah Wal Jamaah, Kokohnya Karakter Generasi Bangsa` dengan motto kegiatan `Mandiri, Berkarya dan Profesional` peserta adalah Pramuka Penegak di LP Ma'arif NU tingkat MA,SMA dan SMK se-Indonesia dengan jumlah 6.000 orang.‎

Sementara itu Panitia Lokal Perwimanas menyediakan stand,  yang diperuntukkan untuk Souvenir maupun oleh oleh serta makanan, untuk menyukseskan acara yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden Jokowi tersebut.


dari : Berbagai sumber



About KabarMagelang

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply