» » Ribuan Umat Budha Selenggarkan Swayamvara Tripitaka Gadha Tingkat Nasional ke 10 Di Borobudur

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Ribuan umat budha selenggarkan Swayamvara Tripitaka Gadha tingkat Nasional ke 10 di Taman Lumbini, Komlpek Taman Wisata Candi Borobudur (TWC) Kamis (2/11). Kegiatan yang akan berlangsung hingga 5 Nopember bsok ini sebagai upaya Umat Budha berkontribusi terhadap Negara Indonesia untuk mewujudkan gerakan refolusi mental dalam menuju negara yang lebih baik.

Ketua Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha (LPTG), Arief Harson, menjelaskan Swayamvara Tripitaka Gatha tingkat nasional ini diselenggarakan secara rutin setiap tiga tahun sekali.

"Tujuannya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat Buddha melalui pemahaman  kitab suci," jelasnya.

Dia menyebutkan bahw kegiatan STG ini  diikuti oleh 1.600 peserta perwakilan dari 32 provinsi, dengan berbagai suku dan budaya yang berbeda. Dalam kegiatan ini ada 12 macam lomba yang akan dilaksanakan, diantara lomba membaca Sutra, lomba membaca Paritta, lomba seni kaligrafi, lomba cipta tari kreasi Buddhis, dan lomba barongsai.

"Kegiatan lomba untuk memperebutkan Piala Presiden Joko Widodo," ungkap Arief.

Arief memaparkan di era globalisasi saat ini telah  membuat umat manusia semakin larut dalam sekularisme. Untuk itu Anak - anak muda perlu pendampingan dan bimbingan agar tidak terbawa arus yang menyesatkan.

"Anak muda harus memiliki karakter sebagai umat beragama yang taat dan berakhlak mulia, sekaligus sebagai anak bangsa yang memiliki kepribadian, kecerdasan, intelektual, tangguh dan kompetitif serta toleran," pungkasnya. (Kb.M1)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply