Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Sejumlah Seniman Magelang Lakukan Ritual Tari Mina Tirta Di Sungai Krombong

NGLUWAR, kabarMagelang.com___ Memeriahkan HUT ke-4 Sanggar Seni DuaAtap,sejumlah seniman Kabupaten Magelang menggelar aksi bakti sungai, dengan melepaskan ribuan ekor ke sungai Krombong Desa Blongkeng Kecamatan Ngluwar Magelang, Minggu (14/1). Acara ini juga diikuti Aswarun dan Daladi dari Komunitas Sastra Green House, seniman tari dari Jogjakarta Bobi Suseno dkk, serta seniman tari dan karawitan dari Surabaya Gentung Andreas dan Muspika Kecamatan Ngluwar.

Diawali dengan prosesi ritual di Sanggar DuaAtap, sejmulah seniman yang mengenakan pakaian serba putih ini, kemudian berbaris rapi sambil membawa bibit ikan, payung, kembang setaman, tumpeng dan lainnya, berjalan kaki menuju sungai Krombong.

Sesampainya di sungai mereka meletakkan tumpeng dan kembang setaman di atas meja altar. Para penari pria dan wanita kemudian melakukan gerakan-gerakan ritual tari Mina Tirta, mengiringi penebaran ribuan bibit ikan berbagai jenis ke tengah sungai.

Pimpinan Sanggar DuaAtap Dharma Wijaya, mengungkapkan ritual ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat menjaga kelestarian ekosistem sungai. Dahulu sungai merupakan rumah yang nyaman untuk ikan.  

“Namun sekarang sungai menjadi area pembuangan sampah. Ikan sudah nyaris punah karena diracun dan disetrum. Untuk itu kami mengajak masyarakat untuk menjaga ekosistem sungai," ujarnya.

Dharma menegaskan warga Ngluwar sudah memasang berbagai tulisan berisi ajakan menghentikan penangkapan ikan dengan cara strum dan racun, yang dipasang di sejumlah titik.

"Ini bagian dari bakti sungai. Saatnya kita mengembalikan kebersihan sungai agar indah dan asri. Sungai adalah habitat untuk ikan bukan tempat pembuangan sampah," Jelas Dharma.

Camat Ngluwar Kunto Hendradata mengapresiasi kegiatan bakti sungai yang digelar Sanggar Seni Dua Atap. Ia berharap masyarakat juga mendukung gerakan ini demi kelestarian ekosistem dan lingkungan sungai.

"Kami prihatin banyak desa di Kecamatan Ngluwar belum memiliki tempat pembuangan sampah sendiri. Akibatnya, warga terpaksa membuang sampah di sungai. Kepada pemdes agar mulai mengatasi persoalan sampah di wilayah masing-masing,” tegasnya.(Kb.M1)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply