Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » KST Kota Magelang Juara I Tingkat Provinsi Jawa Tengah

https://mail.google.com/mail/u/0/images/cleardot.gif

KOTA, kabarMagelang.com__Kader Siaga Trantib (KST) Kota Magelang berhasil menjadi juara I dalam Lomba KST tingkat Jawa Tengah tahun 2018. Kota Magelang mengalahkan 35 kota/kabupaten di Jawa Tengah yang juga mengajukan perwakilan terbaik mereka.

Kepala Satpol PP Kota Magelang, Singgih Indri Pranggana mengatakan, KST Kota Magelang tahun ini diwakili oleh Kelurahan Magersari.

"Setiap tahun, kita menunjuk KST bergantian dari kelurahan-kelurahan yang ada di Kota Magelang. Kebetulan tahun ini yang ditunjuk Kelurahan Magersari," jelas Singgih, di kantor Satpol PP, Selasa (13/2).

Pada lomba tahun ini, tim KST Kelurahan Magersari yang terdiri dari tujuh orang lebih dulu mengikuti tahapan penilaian. Terdapat tim yang datang langsung ke Kelurahan Magersari pada 18 Januari 2018 lalu dan melakukan penilaian terhadap beberapa hal. Bahan penilaian diantaranya kegiatan administrasi, keterlibatan semua pihak dengan KST, dan tugas-tugas KST. 

"Dari penilaian tersebut, kita dinyatakan sebagai juara I. Piala dan penghargaan diserahkan saat apel gelar pasukan Satpol PP di Banyumas beberapa waktu lalu," ungkap Singgih.

Di Kota Magelang sendiri, keberadaan KST didasarkan pada Keputusan Walikota Magelang Nomor 300/65/112 Tahun 2015 tentang kader siaga trantib (KST). 

"Sesuai dengan surat keputusan tersebut, tugas KST adalah membantu Satpol PP dalam mendeteksi dini permasalahan gangguan di lingkungan masyarakat. Mencegah dan melaporkan kondisi keamanan dan ketertiban lingkungan," imbuh Singgih.

Sekretaris Satpol PP, Retno Rini menambahkan, tiap kelurahan memiliki KST yang terbentuk serentak pada 2015 lalu.

"KST ini setiap tahun juga dilombakan di tingkat provinsi," terangnya.

Dia mengatakan, Kelurahan Magersari yang tahun ini memenangi lomba KST memiliki keunggulan tersendiri. Diantaranya aktif, kompak, dan sangat membantu kegiatan Satpol PP. Dengan prestasi yang diraih tersebut, Satpol PP selanjutnya akan tetap menjalin kerjasama dan mengoptimalkan KST-KST yang ada. 

"Untuk yang KST belum meraih prestasi, diharapkan bisa terus meningkatkan kinerja mereka. Kami juga akan terus melakukan motivasi dan mendorong melalui kader-kader yang ada," katanya.

Sementara itu, Sekretaris KST Kelurahan Magersari, Endang Winarti mengatakan, pihaknya tidak menyangka dapat meraih juara I Lomba KST tingkat provinsi.

"Selama ini kami hanya berusaha melakukan kegiatan dengan semaksimal mungkin, terutama dalam membantu Satpol PP memantau kondisi keamanan dan ketertiban (trantib) lingkungan. Caranya yakni dengan pencegahan dini, lapor dini, dan bergerak secara cepat," jelasnya.

Kegiatan rutin yang selama ini dilaksanakan oleh KST Kelurahan Magersari antara lain sambang ndalu, keliling/ronda ke RW, sidak kos-kosan, bantu masyarakat tertibkan pelanggaran, sosialisasi perda, tangani masalah yang dilaporkan masyarakat, pencerahan ke masyarakat yang bermasalah.(Kb.M1)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply