Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Deklarasi Pilkada Damai di Lokasi Wisata tubing Girikulon Magelang

Pjs Bupati Magelang Tavif Supriyanto Mengawali tanda tangan Pilkada Damai


KabarMagelang- Deklarasi Pilkada Damai di Sungai Mbolong, Dusun Tempuran, Desa Giri Kulon, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Deklarasi ini difasilitasi Panwascam Secang.Untuk menjaga suasana kondusif selama kampanye Pilkada Serentak 2018, belasan partai politik di Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang yang merupaka Lokasi Wisata tubing baru di utara Kabupaten Magelang

Deklarasi damai ini dilakukan dengan para pimpinan partai politik mengucapkan Ikrar Pilkada Damai setelah itu mereka  menandatangani komitmen bersama. Dilanjutkan melepaskan enam ekor burung merpati putih ke alam dan melepas benih ikan ke sungai.

Adapun di aliran sungai Mbolong Girikulan, pelaku wisata melakukan tubing di Sungai Mbolong sambil melambai-lambaikan bendera parpol. Mereka mengajak masyarakat dan para pelaku politik bersama-sama menjaga suasana kondusif agar Pilkada Serentak bisa berlangsung dengan damai.

Seniman Lima Gunung Eka Pradaning yang menari di atas batu cadas di tengah suangi. Performance art dengan judul Air, Alam dan Sungai Mengawasi ini mengandung ajakan untuk bersama mewujudkan Pilkada yang Damai



Ketua Panwascam Secang Yasin Awan Wiratno mengatakan Deklarasi Pilkada Damai ini dimaksudkan untuk membangun silaturahmi dan hubungan baik diantara partai pengusung paslon bupati dan paslon gubernur. Ia berharap tim sukses pilgub dan pilbup bisa berkompetisi secara sehat serta meninggalkan hoak dan kampanye hitam.

”Konsep deklarasi ini adalah kembali ke alam. Dengan berada di tengah alam, dan segarnya air sungai kami harap nalar kita akan jernih, tidak emosional dan tidak terpengaruh hoak. Saatnya masyarakat bersikap cerdas dengan menghindari politisasi SARA dan kampanye hitam," kata Yasin.

Yasin mengatakan pihaknya melepaskan burung dara putih dan ikan ke sungai sebagai sebuah simbol bahwa kita harus bisa memberikan manfaat ke lingkungan dan masyarakat. Disebutkan bahwa politik adalah bagaimana bekerja mensejahterakan masyarakat dan memajukan daerah.

“Pelepasan benih ikan dan burung merpati ini sebagai simbol perdamaian menjelang Pilkada 2018. Adapun penand tanganan ikrar bersama ini sebagai bentuk kebersamaan kita untuk menjaga suasana tetap kondusif selama kampanye Pilkada," kata Komisioner Panwascam Secang Aulia Husna.

Aulia Husna menegaskan bahwa Deklarasi Pilkada Damai ini dibiayai secara patungan antara Panwascam dan Panwasdes. Untuk menghemat biaya, mereka memasak sendiri masakan yang disuguhkan kepada para tamu undangan.

"Masyarakat bebas memilih paslon yang disukai, karena itu paslon juga harus cerdas berkampanye untuk memengaruhi pilihan masyarakat. Kami memilih lokasi ini karena berada di dekat Prasasti Tuk Mas, yakni prasasti tertua di Jawa. Mata air ini sudah digunakan sejak zaman Hindu," kata Yasin.

Acara ini dihadiri oleh Pj Bupati Tavif Supriyanto, Sekda Drs Eko Triyono, Komisioner KPU Wardoyo, Forkompincam Secang, tiga komisioner Panwaskab Magelang, perwakilan partai politik dan seluruh Panwasdes se-Kecamatan Secang. Selesai deklarasi, mereka kemudian tubing bersama di aliran Kali Mbolong.




Pj Bupati Tavif Supriyanto memberikan apresiasi tinggi atas kreatifitas dan komitmen Panwascam Secang dan Panwaskab Magelang dalam mewujudkan Pilkada Damai dengan membuat berbagai acara di alam.

"Ini kegiatan yang positif, kegiatan bernuansa alam. Suasana jadi terkesan hangat dan nyaman. Kami mengajak agar deklarasi ini tidak sekedar seremonial saja namun harus kita wujudkan bersama agar Pilkada bisa berlangsung adil, berintegritas serta becik dan nyenengke,” katanya.

Sementara itu, Kordiv Organisasi dan SDM Panwaskab Magelang Aini Sumarni Chabibah menambahkan deklarasi ini bukan sekedar ajakan Pilkada Damai. Namun juga membantu masyarakat dan Pemdes Giri Kulon untuk mempromosikan pariwisata.

"Tujuan Pilkada sebenarnya adalah memilih pemimpin yang bisa mensejahterakan masyarakat. Desa Giri Kulon punya potensi wisata tubing. Ada banyak potensi wisata pedesaan di Kabupaten Magelang yang jika dikembangkan akan bisa mensejahterakan masyarakat. Desa-desa ini bisa memperlama kunjungan wisatawan Borobudur," kata Aini



About KabarMagelang

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply