» » Ratusan Warga Lereng Merapi Selenggarakan Tradisi Merti Dusun


DUKUN, kabarMagelang.com__Ratusan warga lereng merapi tepatnya Dusun Ngentak, Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Magelang,  selenggarakan merti dusun, Rabu (21/9). Kegiatan yang rutin daidakan setiap bulan rajab ini selain merupakan wujud syukur kepada Allah juga merupakan sarana mempersatu sesama warga agar tetap rukun berdampingan meskipun berbeda agama.

Tokoh masyarakat Purwoko mengatakan kegiatan merti dusun ini juga sebagai pengingat warga Ngentak kepada para leluhur yang telah mendahului.

“Harapanya agar seluruh warga diberi kesehatan dan keselamatan,” katanya.

Selain itu merti dusun merupakan tradisi jawa warisan leluhur yang harus dilestarikan, dengan tidak memihak salah satu kepercayaan. Meskipun ada dua aliran kepercayaan yakni Muslim dan Nasrasi tetap menjaga Toleransi antar umat beragama.

“Sebagai generasi penerus wajib meneruskan warisan yang Adi Luhung ini yang kita laksanakan pada Bulan Rejeb (Red.Bulan Jawa)  setiap hari Rabu Kliwon,” terang Purwoko.

Acara ini didahului dengan ritual, dimana puluhan orang dan tokoh masyarakat berdoa di sumber mata air Mudalsari.

“Ini sebagai bentuk syukur bahwa air dari tempat ini menghidupi segala kebutuhan masyarakat disini mulai kebutuhan rumah tangga, dan persawahan,” ungkapnya.

Selanjutnya ratusan warga menggelar kirab dengan membawa nasi tumpeng beserta lauk pauk dan lainnya menuju Pedepokan Ketoprak Santi Aji.

“Tumpengan sebagai wujud syukur kami telah diberi rejeki selama ini,” jelas Purwoko.(Kb.M1)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply