» » Reli Mobil Kuno Meriahkan Hari Jadi Kota Magelang


KOTA. KabarMagelang.com__Ratusan mobil kuno berkumpul di alun-alun Magelang, Minggu (21/4) pagi. Mereka mengikuti reli mobil kuno yang masuk dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-1112 Kota Magelang tahun ini.

"Kegiatan reli ini kita selenggarakan setiap tahun dalam rangka mengenalkan Kota Magelang supaya makin dikenal," ujar Walikota Magelang, di sela sambutannya sebelum melepas peserta reli mobil kuno.

Sigit mengatakan, reli mobil kuno mampu menjadi sarana promosi wisata Kota Magelang di daerah sekitar hingga seluruh Indonesia.

"Selain itu, reli ini juga merupakan wujud kampanye disiplin berlalu lintas," kata Sigit.
Seksi Mobil Kuno, Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Kota Magelang, Joko Soeparno menambahkan, peserta reli membawa berbagai kendaraan dengan tahun keluaran dan merk beragam.

"Ada Dodge sedan buatan tahun 1937, Chevrolet, VW, Fiat, Celica, dan
lainnya," sebut Joko.

Dia mengatakan, reli mobil kuno tahun ini dilaksanakan selama dua hari, yakni 21-22 April 2018 dengan rute berbeda. Untuk hari pertama, rute reli yakni Magelang-Yogyakarta-Magelang. Sedangkan rute hari
kedua Magelang-Temanggung-Magelang.

"Ada sebanyak 125 kendaraan kuno yang ikut dalam reli ini. Mereka berasal dari berbagai daerah, seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta, Jawa Tengah sendiri," terang Joko.

Dia menyebutkan, mobil tertua yang ikut dalam reli tahun ini adalah keluaran tahun 1937. Sementara, mobil termuda keluaran diatas tahun 1978.

Untuk diketahui, reli mobil kuno memperebutkan Piala Bergilir Wali Kota Magelang dan uang pembinaan untuk juara I hingga III. Penilaian reli diantaranya menyangkut ketepatan waktu dan disiplin berlalu lintas.
Salah satu peserta reli mobil kuno, Satrio (40) dari Yogyakarta, mengatakan, dirinya sengaja ikut dalam kegiatan ini bersama dengan beberapa temannya yang juga menggemari mobil kuno.



"Kita ingin meramaikan supaya PPMKI tetap eksis. Karena mobil klasik semakin kesini sudah semakin langka," ungkap Satrio.

Dia mengaku sudah menggemari mobil kuno sejak muda. Mobil andalannya pun terbilang cukup berumur, yaitu Celica keluaran tahun 1972.

"Mobil kuno itu lebih asik, lebih menantang. Cara menjaganya pun berbeda dengan mobil sekarang. Pernak perniknya antik, beda dengan mobil sekarang yang bisa dibeli dimana saja," terang Satrio.(Kb.M1)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply