» » Rumah Sakit se-Jateng Ikuti Workshop SNARS Edisi I Di Kota Magelang


KOTA, kabarMagelang.com__Tahun ini, akreditasi rumah sakit akan kembali dilaksanakan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), termasuk di Jawa Tengah. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, penilaian akreditasi kali ini menggunakan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi I.



"Akreditasi dengan SNARS Edisi I ini merupakan penyempurnaan dari yang sebelumnya. Hampir sama, hanya disempurnakan saja. Untuk penyempurnaan di bagian mana saja saya juga belum tahu ini," ujar Ketua Asosiasi Rumah Sakit Daerah (Arsada) Jawa Tengah, Sri Harso, di sela pembukaan workshop SNARS Edisi I, di Hotel Atria, Jumat (6/4).



Untuk diketahui, akreditasi rumah sakit selama  ini  menggunakan standar akreditasi berdasarkan  tahun  berapa  standar  tersebut  mulai  dipergunakan  untuk penilaian. Sehingga selama ini belum pernah ada Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit di Indonesia.



SNARS Edisi 1, merupakan standar akreditasi baru yang bersifat nasional dan diberlakukan  secara  nasional di Indonesia tahun 2018. 



"SNARS Edisi I ini sudah dilaunching oleh Menteri Kesehatan beberapa waktu lalu. Dan seluruh rumah sakit harus menyesuaikan dengan standar yang baru tersebut. Sehingga kami menyelenggarakan workshop terkait hal itu," ungkap Sri Harso.



Dia menyebutkan, workshop dilaksanakan selama dua hari, yakni 5-6 April 2018 di Magelang dengan jumlah peserta 470 orang dari seluruh rumah sakit di Jawa Tengah. Mereka terdiri dari medis 149 orang, manajemen 84 orang, perawat 137 orang.



"Harapan kami, melalui workshop ini, semua rumah sakit nantinya bisa terakreditasi keseluruhan dan bisa melayani masyarakat dengan baik," katanya.



Sementara itu, Walikota Magelang mengatakan, dirinya senang dan bangga karena workshop SNARS Edisi I yang diikuti oleh rumah sakit-rumah sakit se-Jawa Tengah bisa berlangsung di Kota Magelang.



"Kebanggan saya karena kegiatan ini bisa diselenggarakan di Kota Magelang," kata Sigit.



Dia juga mengatakan, dengan akreditasi yang dilakukan, yang diuntungkan nantinya adalah masyarakat. Mengingat, akreditasi yang baik akan berdampak pada pelayanan yang juga lebih baik dan meningkat.



"Keselamatan masyarakat juga terjamin," imbuhnya.



Sigit berpesan, rumah sakit bisa melayani masyarakat dengan maksimal dan sebaik-baiknya.

"Layanan kesehatan untuk masyarakat itu sederhana kok. Cukup layani dengan senyum dan hati, maka mereka bisa senang dan cepat sembuh," ujar Sigit.(Kb.M1)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply