» » Pemkot Magelang Targetkan Zero Kekerasan Terhadap Anak

KOTA, kabarMagelang.com__Pemerintah Kota Magelang menargetkan capaian zero kekerasan terhadap anak. Target tersebut sejauh ini telah diupayakan dengan sejumlah kegiatan, antara lain implementasi kebijakan Kota Layak Anak (KLA) yang sudah sampai tingkat kecamatan, kelurahan, hingga RW.

"Saat ini, ada 192 RW di Kota Magelang yang telah dicanangkan sebagai RW menuju ramah anak. Tahun 2018 kita juga menargetkan sejumlah 1.026 RT untuk dicanangkan sebagai RT menuju ramah anak," ujar Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina, di sela menerima tinjauan lapangan tim penilai KLA di pendopo rumah dinas Walikota Magelang, Jumat (8/6).

Setelah itu, lanjut Windarti, Kota Magelang juga akan mencanangkan gerakan serentak keluarga ramah anak di Kota Magelang.

"Ini adalah tugas berat, namun saya optimis dengan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, lembaga terkait, para tokoh agama dan tokoh masyarakat, target tersebut akan tercapai," imbuhnya.

Windarti mengatakan, Pemda saat ini juga telah menyediakan beberapa payung hukum terkait perlindungan terhadap anak. Antara lain peraturan daerah (perda) trafficking, perda penanganan kekerasan anak, perda perlindungan anak.

"Termasuk beberapa peraturan walikota (Perwal) dan peraturan lain yang masih dalam proses. Peraturan tersebut terintegrasi secara holistik integratif, serta melibatkan seluruh pihak terkait, termasuk anak-anak," terangnya.

Menurutnya, hal itu untuk mengakomodasi dinamika pembangunan kesejahteraan dan perlidungan terhadap anak, serta untuk merespon secara cepat adanya berbagai permasalahan terkait pemenuhan hak anak, perlindungan dan partisipasi anak, secara terintegrasi, efektif, dan efisien. 

"Semua hal itu dilakukan agar target zero kekerasan terhadap anak dapat terwujud," tandas Windarti.

Sementara itu, perwakilan tim penilai KLA, Rini Handayani mengatakan, kedatangannya bersama tim adalah untuk meninjau di lapangan tentang bagaimana komitmen dan implementasi KLA di Kota Magelang.

"Seluruh anak di Kota Magelang harus berbangga karena sejauh ini komitmen pemerintah daerah telah terlihat dalam memperhatikan hak-hak mereka," kata Rini.

Dia juga berharap, seluruh masyarakat bisa saling berdiskusi terkait KLA. Sehingga ke depan, Kota Magelang bisa menjadi role model KLA bagi kota/kabupaten lain di Indonesia. 

"Dan mudah-mudahan, launching RT ramah anak bisa membawa perubahan di lapangan. Kota layak anak bisa dirasakan oleh anak-anak di seluruh Kota Magelang," pungkasnya.(Kb.M1)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply