» » Anggota Polres Magelang Bripka Danang Pambudi Terima Penghargaan PBB

MUNGKID, kabarMagelang.com__Bertepatan Peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke 72 tahun 2018, Polres Magelang Polda Jateng mendapatkan kado dari Misi Perdamaian PBB di Haiti (MINUJUSTH). Dimana salah satu anggota Polres Magelang yakni Bripka Danang Pambudi,  satu-satunya anggota Polri yang ditugaskan dalam misi PPB di Haiti,  mendapatkan Medali Penghargaan PBB untuk misi Minujusth yang dilangsungkan dalam upacara Medali Parade di Delta Camp, Port-au-Prince,Haiti.Sabtu,( 30/6) kemarin.

Penerimaan  medali penghargaan tersebut bersama dengan kontingen dari negara lain yaitu Perancis, Jerman, Rusia, Slovakia, Djibouti dan Srilanka. Adapun medali penghargaan disematkan secara langsung oleh Police Commissioner MINUJUSTH Brigadier General Georges-Pierre Monchotte dari Perancis.

Bripka Danang Pambudi mengatakan bahwa bertugas pada misi perdamaian PBB bukanlah merupakan tugas yang mudah. Dalam misi ini dia  ditugaskan untuk melaksanakan pendampingan terhadap Kepolisian Nasional Haiti.

“Di Haiti menggunakan harus mengusai dua bahasa yaitu  Bahasa Perancis dan Creole.  Pola pendekatan dengan polisi lokal pun harus dilakukan dengan tidak sembarangan dikarenakan perbedaan budaya dan hierarki,” katanya.

Namun sebagai Polisi Republik Indonesia yang memiliki kemampuan sosial lebih, dan dibekali informasi-informasi terkait misi di Haiti oleh Mabes Polri sebelum keberangkatan, proses pendampingan dengan polisi lokal bisa berjalan dengan baik,lanjutnya.

“Secara umum situasi keamanan di Haiti masih sangat fluktuatif, penembakan, perseteruan dan gencatan senjata antar geng, unjuk rasa serta pemblokiran jalan sangat sering terjadi, sehingga pergerakan kita sangat terbatas dan harus selalu waspada,” ungkap Danang. 

Dia menambahkan bahwa adanya keterbatasan, maka manajemen stress di misi sangat penting, selain olah raga di dalam kompleks compound PBB, komunikasi dengan keluarga dan teman di Indonesia merupakan hal yang sangat penting. Kerinduan dengan Indonesia dia transformasikan menjadi penyemangat dalam pelaksanaan tugas.

“Misi di Haiti pada dasarnya merupakan rank-less mission, saya bekerja di Strategic Planning Section, dimana rekan kerja saya rata-rata berpangkat Kolonel, Letkol, dan Mayor. Hal tersebut justru memberikan motivasi lebih untuk selalu memberikan yang terbaik dalam penugasan sehingga dapat mengharumkan nama Polri dan Indonesia,” ujarnya. 

Danang bersyukur karena sejauh ini rekan kerja, pimpinan maupun misi memberikan apresiasi yang bagus untuk kinerja IPO Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dengan masih dipertahankannya  pada misi MINUJUSTH yang merupakan pengganti dari misi sebelumnya yaitu MINUSTAH.

“Dalam masa transisi banyak IPO lain yang tidak diberikan perpanjangan penugasan,” pungkas Danang.

Bripka Danang Pambudi berasal dari Dusun Tegalsari,  Desa Jumoyo,  Kecamatan Salam,  Magelang. Bertugas di Polres Magelang dalam Fungsi Intelkam, dipercaya mewakili Kepolisian Republik Indonesia dalam misi PBB di Haiti mulai 17 September 2016, hingga 17 September 2018.(Kb.M2)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply