» » Grup Kethoprak Dwija Manunggal PGRI Juarai Festival Kethoprak Kabupaten Magelang

MUNGKID, kabarMagelang.com__Sebanyak 15 grup kesenian kethoprak di Kabupaten Magelang, mengikuti Festival Kethoprak Tingkat Kabupaten Magelang.  Festival yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang  dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 73 itu, berlangsung selama 3 hari di lapangan Drh.Soepardi, Mungkid, (29-31/8).

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, S Achmad Husein SE MM, digelarnya Festival Kethoprak ini, bertujuan untuk menggairahkan kembali kesenian yang pernah jaya di tahun 1980-an.  Diharapkan Festifal kethoprak ini bisa meningkatkan semangat para seniman, dan pemerhati seni serta kepedulian masyarakat terhadap kesenian tradisional tersebut.

“Meski keberadaan kesenian Ketoprak mulai surut, namun di Kabupaten Magelang masih ada 15 grup kesenian Kethoprak yang tetap eksis,” kata di sela penutupan festival, Jumat (31/8).

Kasi Kesenian dan Film Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabuopaten Magelang, Mantep menyebutkan, festival kethoprak ini memperebutkan piala dan hadiah uang pembinaan.

“Sebagai penyaji terbaik 1 adalah grup Kethoprak Dwija Manunggal dari PGRI, kemudian terbaik ke II grup Kethoprak Wahyu Manunggal dari Petung, Kecamatan Pakis, dan penyaji terbaik III grup Tirto Budoyo dari Banyuroto, Kecamatan Sawangan,” terangnya.

Sementara untuk penyaji harapan 1 grup Kethoprak Songgo Budoyo dari Kecamatan Pakis, penyaji harapan terbaik II grup Kethoprak Sekar Budoyo, Kecamatan Mertoyudan dan penyaji harapan terbaik III Grup Kethoprak Surya Budaya dari Kecamatan Borobudur. (Kb.M2)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply