Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Kawah Gunung Merapi Mulai Terbentuk Kubah Lava Baru

Merapi, KabarMagelang.com__Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) DIY melaporan melalui rilisnya Sabtu (18/8) petang,  tentang meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Merapi sehingga terbentuk kubah lava baru di permukaan kawah.

"Paska rangkaian letusan freatik pada tanggal 11 Mei hingga 1 Juni 2018, aktivitas vulkanik Gunung Merapi terutama kegempaan berfluktuasi dalam kisaran di atas kondisi normal," kata Kepala BPPTKG DIY, Hanik Humaida melalui rilisnya secara online di akun resmi Twitter @BPPTKG

Menurut hasil  catatan BPPTKG pada tanggal 18 Juli 2018 terjadi peningkatan kegempaan yakni 8 kali gempa VTB, 18 kali gempa MP, dan 1 kali gempa LF. Kemudian tanggal 29 Juli 2018 terjadi peningkatan kegempaan yaitu 16 kali VTB, 34 kali MP, 11 kali RF, dan 2 kali LF.

Kemudian pada tanggal 1 Agustus 2018 terjadi guguran dengan skala sedang terdengar dari Pos Babadan. Selanjutnya 11 Agustus 2018  pukul 08:00 WIB terjadi gempa hembusan besar, dan gemuruhnya terdengar oleh warga Deles.

Pada tanggal 12 Agustus 2018 foto yang diperoleh dari survei drone menunjukkan adanya material baru yang muncul di tengah rekahan kubah lava paska 2010. Pada tanggal 18 Agustus 2018 dilakukan pengecekan langsung ke puncak dan dipastikan bahwa terdapat kubah lava baru dengan dimensi panjang sekitar 55 dan lebar sekitar 25 m tinggi sekitar 5 m dari permukaan kubah 2010. Kubah lava sendiri diperkirakan muncul sekitar tanggal 11 Agustus 2018 yang dawali dengan kejadian gempa hembusan besar tersebut.

Dari kejadian ini BPPTKG mengeluarkan kesimpulan bahwa munculnya kubah lava menandai fase erupsi magmatik Gunung Merapi dimulai dengan erupsi cenderung bersifat efusif, dan tingkat aktivitas masih ditetapkan Waspada.


Dimana untuk radius 3 km dari puncak Gunung Merapi tidak diperkenankan untuk aktivitas penduduk. Penduduk yang berada di Kawasan Rawan Bencana  (KRB) III untuk tetap meningkatkan kewaspadaan.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply