» » Meriah Parade Gunungan Dan Gebyar Seni Budaya 2018

MUNGKID, kabarMagelang.com__Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang Ke-73, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, menggelar Parade Gunungan dan Gebyar Seni Budaya, di jalan Soekarno Hatta, Kota Mungkid, Minggu (19/8).

Sepanjang rute parade, yang dimulai dari depan Masjid Annur dan finish di lapangan Drh.Soepardi ini dipadati ribuan penonton yang ingin menyaksikan kemeriahan Parade Gunungan dan Gebyar Seni Budaya tersebut.

Parade Gebyar Seni dan Budaya, diawali dengan bendera merah putih sepanjang 115 Meter yang di bawa oleh para warga dari Dusun Wekas, Desa Kaponan, Kecamatan Pakis. Disusul 73 peserta dari berbagai Kecamatan dan Desa Se Kabupaten Magelang.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Haryono, menyampaikan bahwa, kegiatan parade 2018 ini bertujuan untuk meningkatkan dan melestarikan kesenian daerah, serta menumbuhkan kecintaan masyarakat akan seni budaya asli dari Kabupaten Magelang.

"Sesuai dengan HUT kemerdekaan RI ke-73, maka parade ini pun juga diikuti oleh 73 gunungan dan kesenian tradisional. Melalui kegiatan ini, diharapkan kesenian asli dari Kabupaten Magelang dapat tetap lestari,” ungkapnya.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP, menyatakan bahwa, pagelaran Parade Seni dan Budaya ini untuk memperingati HUT RI ke-73, selain itu juga untuk mengenang perjuangan para pahlawan negara yang telah berjuang untuk meraih kemerdekaan.

"Kita harus meneruskan perjuangan ini, dengan menjaga dan merawat serta mengisi kemerdekaan dengan bekerja bersama demi kemajuan pembangunan Kabupaten Magelang,” ujarnya.

Beberapa peserta yang ikut memeriahkan parade ini diantaranya, Drum band Taruna Nusantara, Soreng Polres Magelang, Topeng Ireng Damkar Kabupaten Magelang, 21 Gunungan perwakilan dari masing-masing kecamatan, serta puluhan kesenian tradisonal dari desa se Kabupaten Magelang.(Kb.M2)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply