Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Kelurahan Jurangombo Utara Masuk Nominasi 3 Besar Lomba Lingkungan Bersih Dan Sehat

KOTA, kabarMagelang.com__Kelurahan Jurangombo Utara di Kecamatan Magelang Selatan terpilih sebagai nominasi 3 besar Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat Provinsi Jawa Tengah. Raihan tersebut diharapkan dapat mendorong dan menginspirasi kelurahan lain untuk memiliki prestasi yang sama.

"Pemerintah Kota Magelang bangga dengan terpilihnya Kelurahan Jurangombo Utara sebagai nominasi 3 besar Lomba LBS tingkat Jawa Tengah. Harapannya, ini bisa jadi representasi Provinsi Jateng di lomba LBS tingkat nasional dan berikan hasil terbaik," ujar Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina, di sela menerima tim verifikasi lapangan lomba LBS tingkat Provinsi Jateng di Kelurahan Jurangombo Utara, Kamis (27/9).

Windarti mengatakan, selama ini Walikota selalu menyampaikan bahwa pola hidup bersih dan sehat agar menjadi gaya hidup (lifestyle). Tidak hanya ketika ada penilaian lomba saja.

"Menciptkan lingkungan yang bersih dan sehat adalah salah satu kunci meningkatkan kualitas hidup manusia seperti prioritas pembangunan. Melalui lomba LBS seperti ini, diharapkan jadi stimulus untuk meningkatkan kebersihan lingkungan," imbuh Windarti.

Dia menyebutkan, Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang dan memiliki karakteristik masyarakat majemuk. Kondisi tersebut mengakibatkan banyak masalah lingkungan terjadi.

"Untuk itu, Pemerintah Kota Magelang berupaya mengatasi problem-problem lingkungan tersebut, diantaranya dengan meningkatkan kesadaran untuk hidup bersih dan sehat. Masyarakat sendiri selama ini selalu mendukung pemerintah untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat, dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Adipura yang sudah sebanyak 9 kali," urainya.

Lomba LBS, kata Windarti, telah menggerakkan dan memicu masyarakat untuk berkontribusi terhadap kebersihan lingkungan.

"Semoga Kelurahan Jurangombo Utara dapat mempertahankan semangat untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat. Serta menjadi inspirasi kelurahan lain untuk melakukan hal yang sama," katanya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Magelang,  Yetty Biakti Sigit Widyonindito menambahkan, PKK Kota Magelang memiliki banyak program dalam mendukung terwujudnya lingkungan bersih dan sehat.

"Ada program kesehatan lingkungan, program gugur gunung, sehat ceria, rumah sehat, jamban sehat, dan lainnya," jelas Yetty.

Selain itu, di Kota Magelang juga telah terbentuk kampung-kampung organik serta bank sampah di tingkat Rukun Warga (RW).

Sementara itu, perwakilan tim penilai dari Provinsi Jateng, Nanag Agus Heru Purnomo mengatakan, lingkungan bersih harus diciptakan. Baik lingkungan keluarga maupun sekitar.

"Lingkungan bersih akan membebaskan kita dari penyakit masyarakat seperti diare, Tuberculosis (TBC), dan lainnya. Untuk itu, kami harapkan peran aktif anggota keluarga dan masyarakat dalam mengelola lingkungan bersih dan sehat," terangnya.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply