» » Gempar Kabupaten Magelang Siap Melaporkan Dugaan Pelanggaran Pemilu Serentak 2019

BOROBUDUR, kabarMagelang.com__Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Magelang, rekrut ratusan relawan untuk bergabung dalam Gerakan Pengawas Pemilihan umum Partisipatip (GEMPAR) untuk ikut mengawasi pemilu serentak 2019. Hal tersebut disampaikan Kordiv Penyeleseaian Sengketa Proses Bawaslu Kabupaten Magelang, Sumarni Aini Chabibah, saat sosisalisasi pengawasan partisipatip di Balkondes Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Magelang, Kamis (27/9).

Hadir dalam sosialisasi pengawasan partisipatip, puluhan relawan yang terdiri dari unsur pelajar, Mahasiswa, OPRB, Tokoh Pemuda, tokoh masyarakat, Panwascam serta Forkopimcam Kecamatan Borobudur.

“Gerakan pengawas pemilu partisipatip atau Gempar merupakan program dari Bawaslu RI, dengan tujuan mengajak seluruh elemen masyarakat, terutama pemilih pemula, untuk berperan serta dalam mengawasi pemilu serentak 2019,” ungkap Kordiv Penyeleseaian Sengketa Proses Bawaslu Kabupaten Magelang, Sumarni Aini Chabibah, di sela-sela sosialisasi.

Dia menegaskan Bawaslu Kabupaten Magelang, sudah mulai melaksanakan sosialisasi secara serentak melalui 21 Panwascam se Kabupaten Magelang, dimana sebagai langkah awal masing-masing Panwascam menghadirkan 50 orang peserta pengawas partisipatip.

“Peserta ini selain bergabung dalam Gempar, nantinya juga akan mengajak masyarakat lainya untuk ikut mengawasi pemilu serentak 2019,  dengan cara melaporkan ke Panwaslu terdekat, jika mengetahui adanya dugaan pelanggaran Pemilu,” jelasnya.

Camat Borobudur Nanda Cahyadi Pribadi, sangat mengapresiasi gerakan dari Bawaslu untuk mengajak masyarakat terlibat dalam pengawasan pemilu.

“Melalui gerakan pengawas partisipatip, tentu akan ada pendidikan politik yang jarang didapat di bangku pendidikan, khususnya bagi pemilih pemula atau pelajar,” katanya.

Nanda Berharap dengan kegiatan ini masyarakat akan lebih melek pemilu, sehingga tingkat partisipasi dalam pemilu akan terus meningkat.

“Sudah saatnya masyarakat cerdas tentang pemilu. Dengan demikian kita yakin pemilu akan berjalan sesuai dengan lancar, aman, dan menghasilkan pemilu yang bermartabat,” ujar Nanda.

Sementara Kapolsek Borobudur, AKP Didi Dewantoro, mengatakan dengan banyaknya masyarakat yang ikut terlibat dalam pengawasan pemilu serentak 2019, bisa meminimalisir terjadinya pelanggaran.

“Mari kita saling bersinegi, segera informasikan jika didapati hal-hal yang bisa menimbulkan keresahan, seperti adanya berita hoax, sara, dan black campign, agar kita bersama-sama bisa mencegah sedini mungkin,” tandasnya.(Kb.M2)




About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply