» » Kemenhub Temukan Belasan Bus Pariwisata Ke Borobudur Melanggar Kelengkapan Jalan

MUNGKID, kabarMagelang.com__Kementerian Perhubungan (Kemenhub), wilayah X Jateng dan DIY Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, menggelar razia Bus pariwisata di Jalan Raya Mungkid, kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jumat (26/10) siang. Dalam razia tersebut ditemukan belasan bus pariwisata tidak memiliki kelengkapan jalan.

"Dari 27 unit bus/mikrobus yang kami periksa, 12 unit diantaranya melakukan pelanggaran administrasi, sehingga langsung kami tilang ditempat," ungkap Kepala Seksi LLAJ BPTD wilayah X Jateng dan DIY Direktorat Jenderal Perhubungan Darat
Kemenhub, Dhoni Sutrisno disela-sela kegiatan.

Dhoni menjelaskan rampcheck di kawasan candi Borobudur ini menyasar bus maupun mikrobus pengangkut wisatawan. Dari seluruh bus yang diperiksa tidak ada pelanggaran teknis atau kelaikan jalan kendaraan, seperti rem, ban, lampu, wiper, spion, pemecah kaca, alat pemadam api dan lainnya.

"Sejauh ini tidak ada yang melanggar kelaikan teknis. Jika ada tentu langsung kami tindak karena teknis sangat penting untuk keselamatan penumpang," tegasnya.

Dia menyatakan bahwa pemeriksaan kendaraan telah diselenggarakan secara berkala oleh Kemenhub bersama Dishub Provinsi dan Kab/Kota, serta Kepolisian, maupun secara operasi gabungan.

"Tujuan pemeriksaan ini untuk menekan angka kecelakaan yang kerap menimpa bus pariwisata, yang berakibat menimbulkan korban jiwa. Biasanya di kawasan wisata pegunungan, tapi tidak menutup kemungkinan seperti di kawasan candi Borobudur ini," ujar Dhoni.

Dhoni menambahkan pemeriksaan bus pariwisata akan terus dilakukan di titik-titik lokasi wisata di Jawa Tengah dan Yogyakarta.


"Kami akan lakukan secara berkala setiap 2-3 minggu secara acak,” ujarnya. (Kb.M2)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply