Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Kota Magelang Ikuti Penilaian Penghargaan BPPD Berkinerja Utama 2018

KOTA, kabarMagelang.com__Magelang - Kota Magelang melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BPPD/Balitbang) masuk dalam salah satu dari puluhan calon penerima penghargaan BPPD Berkinerja Utama 2018 di Indonesia. 

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) kepada para peneliti dan lembaga litbang yang telah berkontribusi dan menghasilkan berbagai produk/ inovasi di Indonesia.

"Kita datang kesini untuk melihat langsung di lapangan, seperti apa kinerja teman-teman Litbang di Kota Magelang. Sepenuhnya nanti dewan penilai yang menentukan, kami hanya memberi masukan dari hasil pengamatan di lapangan," ujar Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kemenristekdikti, Kemal Prihatman, usai mengikuti kegiatan verifikasi self assesment Balitbang Kota Magelang dan evaluasi kinerja Litbang daerah tahun 2018, di kantor Balitbang Kota Magelang, Rabu (24/10).

Kemal menambahkan, ada banyak daerah di Indonesia yang memiliki balitbang dengan kinerja baik dan layak menerima penghargaan. Meski demikian, mereka harus memenuhi tiga kriteria penilaian.

"Ada tiga hal yang menjadi kriteria dan pertimbangan penilaian bagi para calon penerima penghargaan. Yakni balitbang daerahnya berkapasitas bagus, capable (mampu), dan berkelanjutan," ungkap Kemal.

Di Jawa Tengah, lanjutnya, tim verifikasi baru melakukan penilaian di Balitbang Kota Magelang. Kemal pun berpesan kepada Balitbang Kota Magelang agar fokus terhadap hal yang diunggulkan.

"Tadi saya dengar, bahwa mereka (Balitbang Kota Magelang) punya 2 fokus, yakni kawasan industri tahu dan krenova. Kalau krenova saya tahu betul, sejak awal sudah baik. Saya sudah sampaikan ke Kepala Balitbang agar siapkan fokusing itu," terang Kemal. 

Sementara itu, Kepala Kantor Balitbang Kota Magelang, Arif Barata mengatakan, Kota Magelang baru pertama kali ini mengikuti penilaian penghargaan BPPD berkinerja utama.

"Penghargaan ini diberikan rutin setiap tahun, namun baru tahun ini kita masuk penilaian," kata Arif.
Pemerintah Kota Magelang sendiri selama ini telah berkomitmen untuk terus mengembangkan inovasi daerah melalui Balitbang maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada.

"Kota Magelang beberapa waktu lalu telah memantapkan langkah implementasi dengan payung hukum Peraturan Daerah (Perda) Kota Magelang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Inovasi Daerah. Perda ini menjadi satu-satunya yang pertama kali diterbitkan pada lingkup Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia," jelas Arif.

Menurutnya, Perda ini mencukupi aktivitas Sistem Inovasi Daerah Kota Magelang yang embrionya sudah diawali sejak tahun 2004.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply