Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Walikota Usulkan Bangun Pendopo Di Gunung Tidar

KOTA, kabarMagelang.com__Walikota Magelang, Sigit Widyonindito mengusulkan agar di puncak Gunung Tidar dibangun pendopo untuk peneduh para pengunjung/wisatawan. Selain itu, juga pemasangan paving grass di lapangan puncak tidar.

"Pendopo ini nanti bisa buat berteduh para pengunjung. Ini sekarang sedang terang musimnya, kalau pas hujan kan kasihan, sudah sampai puncak tapi tidak ada peneduh," ujar Sigit, di sela tinjauan proyek gardu pandang di puncak Gunung Tidar, Jumat (16/11).

Dalam tinjauan ini, Sigit didampingi Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Camat, Lurah, dan Kepala Sekolah SMP se-Kota Magelang.
Sigit menambahkan, pendopo tersebut bisa dibangun di pinggir lapangan sehingga tidak mengganggu estetika maupun aktivitas pengunjung.

"Ya nanti dirumuskan, dikaji, pendoponya mau dibangun di sebelah mana. Di pinggir bisa, dibuat memanjang. Kalau ada peneduh kan nanti pengunjung nyaman," imbuh Sigit.

Selain itu, orang nomor satu di Kota Magelang tersebut juga mengusulkan pemasangan paving grass yang diharapkan dapat lebih aman ketika diinjak.

"Jadi anak-anak ketika berlarian bisa lebih leluasa, rata, tidak licin," katanya.

Terkait dengan proyek pembangunan gardu pandang yang saat ini masih berlangsung, Sigit berpesan agar kualitas bangunan dikedepankan.

"Bangunannya tolong yang bagus, jangan sampai kalah dengan tugu di sebelahnya. Sudah bertahun-tahun masih kokoh, itu dibangun dengan seni yang tinggi," terang Sigit.

Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina, menambahkan, Gunung Tidar merupakan salah satu ikon wisata Kota Magelang yang sudah dikenal banyak masyarakat.

"Kaitan dengan Gunung Tidar sebagai destinasi budaya dan religi, kita dituntut untuk bisa mengkomunikasikan dengan travel agent, kerjasama dengan unsur-unsur pariwisata yang lain agar dibuatkan paket khusus. Makin lama tinggal di Magelang, makin bawa multiplayer efek," ujar Windarti.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Magelang, Chrisatrya Yonas Nusantrawan Bolla menyebutkan bahwa Gunung Tidar akan segera memiliki dua objek wisata baru yakni Monumen Tanah Air dan Gardu Pandang.

”Gardu pandang dikerjakan mulai 2 Juli hingga 180 hari kalender sedangkan monumen per 4 Juli 2018 sampai 150 hari kalender,” kata Yonas.

Gardu pandang ini, kata dia, tidak seperti gardu seperti pada umumnya. Bangunan gardu pandang lebih seperti rumah biasa dengan ketinggian tertentu.

”Tidak seperti bangunan vertikal, tapi seperti rumah sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan seolah seperti rumah sendiri,” jelasnya.
Dia menyebutkan, sumber dana pembangunan gardu pandang berasal dari Bantuan Provinsi (Banprov) Jawa Tengah sebesar Rp1.867.173.000. Kemudian Monumen Tanah Persatuan berasal dari APBD Kota Magelang sebesar Rp911.384.000. (Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 comments:

  1. SEMOGA KELAK ADA WISATA OUTBOND DAN ARENA DOWNHILL DI BUKIT TIDAR, AMIN

    BalasHapus