» » 2019 Pemprov Jawa Tengah Siapkan Rp.25 Miliar Untuk Penanganan Bencana

MUNGKID, kabarMagelang.com__Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menyiapkan anggaran Rp 25 miliar untuk penanganan bencana tahun 2019. Anggaran dalam bentuk Dana Belanja Tidak Terduga (BTT) itu dialokasikan untuk penanganan semua jenis bencana termasuk kebakaran. Sementara di sepanjang tahun 2018 masih didominasi bencana tanah longsor.

"Rinciannya, bisa untuk membantu rumah roboh Rp 15 juta, rusak bera Rp 10 juga, korban meninggal dunia Rp 10 juta, dan luka berat Rp 7,5 juta," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Jawa Tengah, Sarwa Praman, usai menghadiri sosialisasi ngadepi bebaya gunung merapi,  Sabtu (15/12).
 .
Dia menjelaskan bahwa, angka tersebut meningkat dibanding sebelumnya Rp 15 miliar. Namun demikian, dana BTT selalu fluktuatif menyesuaikan tingkat penanganan bencana.

"Tahun lalu Rp 15. miliar, sempat juga sampai Rp 40 miliar. Kalau BTT tidak, bisa mengajukan ke DPRD, kalau ke DPRD tidak bisa lagi,  BNPB harus turun tangan," jelasnya.

Pihaknya meminta semua unsur birokrasi dan masyarakat bisa ikut sigap terhadap upaya penanganan bencana, termasuk bisa mengidentifikasi bantuan apa yang paling mendesak dibutuhkan oleh korban.

"Paling penting itu kebutuhan dasar korban, jangan mie instan terus. Bisa kebutuhan anak dan ibu, juga pakaian layak," harap Sarwa. 

Sementara sepanjang tahun 2018, tambah Sarwa, bencana tanah longsor masih mendominasi di wilayah Jawa Tengah. (BPBD) Provinsi Jawa Tengah mencatat ada sekitar 2.000 kejadian longsor.

"Kejadian longsor diatas 2.000 lebih, trennya longsor meningkat, sedangkan banjir menurun," tambahnya.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply