» » Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Resmikan Rusus Di Magelang

MUNTILANG, kabarMagelang.com__Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono akan membangun rumah khusus para korban bencana alam baik di Lombok (NTB), Donggala, Palu, Sigi dan Banten serta Lampung. Hal tersebut disampaikan Basuki Hadimuljono saat meresmikan Rumah Khusus (Rusus) di Dusun Gatak Gamol, Desa Pucungrejo, kecamatan Muntilan, Magelang, Jumat (28/11).

“Untuk Lombak ditargetkan selesai akhir tahun 2018 ini, sedang di Sigi, Donggala dan Palu masih dalam pendataan. Namun untuk Banten dan Lampung, masih dalam pendataan, dan  lokasi rumah relokasinya, juga masih dicari,” ujar Basuki Hadimuljono.

Basuki menyebutkan bahwa pada tahun 2018 ini untuk pembangunan RTLH atau BSPS ada 161 ribu. sedang  Rusus ada 5000.

“Kalau di Muntilan ini diistimewakan, karena dekat dengan Candi Borobudur. Karena kalau bicara pariwisata itu, tidak bisa bicara satu wilayah saja, namun harus satu kawasan. Karena itulah kita bangun rusus,” jelas Basuki.

Sementara terkait program kegiatan dikementrian, selain tol, jembatan, embung, pihaknya juga telah membangun hunian-hunian untuk warga yang membutuhkan. Hingga tahun 2018 sudah selesai dibangun 1.041.000 hunian. Jumlah itu, terdiri dari rumah susun di sejumlah pondok pesantren, asrama TNI, mahasiswa,  dan didaerah-daerah perbatasan.

“Total ada 312 rusun. Kemudian ada rusun dan rumah tidak layak huni (RTLH) melalui Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS),” paparnya

Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, melalui Penjabat Sekda, Drs Adi Waryanto, menyampaikan Pemerintah daerah sangat mengapresiasi segala bantuan dari kementrian PUPR khususnya di Magelang, yang manfaatnya sudah bisa dirasakan oleh warga.

“Kami berharap program dan kegiatan ini akan berkelanjutan pada tahun-tahun yang akan datang,” tandasnya.(Kb.M2)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply