Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Peringati Hari Nusantara Pj Sekda Kota Magelang Ajak Jaga NKRI

KOTA, kabarMagelang.com__Indonesia memperingati Hari Nusantara tepat pada tanggal 13 Desember 1939 silam. Peringatan tersebut terus berlangsung hingga saat ini sebagai pengingat bahwa prinsip negara kepulauan Indonesia diakui secara Internasional melalui konvensi hukum laut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Momentum bersejarah ini juga turut diperingati oleh segenap jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang. Bersamaan dengan pelaksanaan apel  pagi, Kamis (13/12), para ASN di lingkungan Pemkot Magelang diajak untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Untuk diketahui, keberhasilan diplomasi Indonesia agar prinsip negara kepulauan diakui secara Internasional didahului dengan diumumkannya "Deklarasi Juanda" pada tanggal 13 Desember 1957," jelas Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda), Sumartono, di sela apel pagi, di halaman belakang kompleks Setda Kota Magelang, Kamis (13/12).

Dia menjelaskan, Deklarasi Juanda merupakan sebuah keputusan untuk menyatukan Indonesia sebagai negara kepulauan yang bertujuan mewujudkan bentuk wilayah NKRI yang utuh dan bulat, menentukan batas-batas wilayah NKRI sesuai dengan asas negara kepulauan, mengatur lalu lintas damai pelayaran yang lebih menjamin keamanan dan keselamatan NKRI.

Deklarasi juanda merupakan bentuk diplomasi Indonesia untuk merubah apa yang termaktub dalam warisan hukum laut di era kolonial yakni Territoriale Zee En Maritieme Kringen Ordonantie 1939.

Ketentuan ini mengatur kedaulatan laut Indonesia hanya sejauh 3 mil dari batas air terendah. Dengan kata lain, laut bukannya menyatukan namun menjadi pemisah, karena setiap kapal tidak boleh berlayar melewati yurisdiksi 3 mil dari setiap pulau. Laut diluar batas 3 mil juga dianggap sebagai laut terbuka yang dapat dilewati kapal asing dengan bebas.

"Ordonantie 1939 tersebut merupakan celah yang dapat memecah belah persatuan NKRI," imbuh Sumartono.

Diakuinya deklarasi Juanda yang mengandung suatu konsepsi Negara maritime “Nusantara” merupakan landasan struktural dan legalitas bagi proses integrasi nasional Indonesia sebagai negara maritim.

"13 Desember 1957 adalah tonggak penting yang melahirkan Indonesia sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia," katanya. 

Menurut Sumartono, tanggal yang diperingati sebagai hari Nusantara ini juga merupakan pengingat dan bentuk penghormatan atas perjuangan para pendahulu kita yang menunjukkan bahwa dengan tekad yang kuat dapat terwujud kesatuan territorial Indonesia, baik darat maupun perairan.

Dan tanpa mengeluarkan satu peluru pun, dengan kekuatan diplomasi telah memperluas wilayah perairan Indonesia dari 2 juta kilometer sampai 6 juta kilometer.

"Semoga sebagai rakyat Indonesia, kita dapat memaknai peringatan Hari Nusantara ini untuk meneguhkan tekad menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI dengan memberikan karya terbaik bagi bangsa," tandas Sumartono.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply