» » Ratusan Anak Ikuti Lomba Tari Tradisional

MERTOYUDAN, kabarMagelang.com__Artos Mall yang bekerjasama dengan Sanggar Tari Adya Gunita gelar lomba tari tradisional di Atrium Artos Mall. Selain melestarikan kebudayaan daerah dalam bidang seni tari, tujuan diadakan perlombaan tari tradisional ini tak lain untuk meningkatkan kompetensi siswa di tingkat TK dan sebagai tempat atau wadah penyaluran seni musik maupun tari.

“Kegiatan ini juga untuk mengembangkan dan menyalurkan bakat anak-anak di bidang seni tari dengan tepat sehingga kemampuan siswa dapat ditingkatkan,” ujar ketua panitia, Agung Tri Cahyo, Kamis (6/12)

Dia menyebutkan lomba diikuti 134 peserta, terdiri dari siswa-siswa Taman Kanak – Kanak (TK) yang berasal dari Magelang, diantaranya TK Pembina Kota Magelang, TK Siti Rahmah Magelang, TK Tunas Kasih Magelang, TK Pertiwi Danurejo, dan TK Bhayangkara 82 Magelang.

“Dan ada 23 jenis tarian yang di tampilkan secara beregu dalam perlombaan, diantaranya Tari Rampak, Tari Yapong, Tari Gajah, Tari Kuda Lumping, Tari Kupu, Tari Ulo Ulonan, Tari Gegala, dan Tari Batok,” ungkapnya.

Public Relation Artos Mall, Amalia Mahdhiani, menyatakan bahwa pemenang lomba tari tradisional ini, juara I diraih oleh TK Sawangan dengan menampilkan tari Gajah Melin, juara II dan III diraih oleh TK Pembina Kota Magelang dengan menampilkan tari Kuda Lumping dan tari Kupu. Sedangkan juara harapan I diraih oleh TK Siti Rahmah dengan menampilkan tari Ulo Ulonan, juara II dan III diraih oleh TK Pertiwi Danurejo dengan menampilkan tari Warok Kuda Lumping dan Tari Burung Nuri.

“Kita berharap tari tradisional seperti ini dapat terus dipertontonkan kepada khalayak umum khususnya anak-anak dan remaja agar dikemudian hari mereka dapat turut melestarikan budaya yang ada di Indonesia khususnya tari tradisional,” tandasnya.(Kb.M2)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply