» » Kementerian ESDM Membangun Sumur Bor Untuk Masyarakat Desa Krinjing

DUKUN, kabarMagelang.com__Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, melalui Kepala Biro Hukum Kementerian ESDM, Gufron Asrofi, menyerahkan bantuan sumur bor air bersih kepada warga Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Magelang, Selasa (12/3).

“Sumur bor di Desa Krinjing ini sangat dibutuhkan masyarakat manakala memasuki musim kemarau,” ujar Gufron.

Dia menyatakan, Badan Geologi merupakan salah satu badan di lingkungan Kementerian ESDM yang bertanggung jawab terhadap bidang kegeologian gunung api, termasuk air bersih dan tanah.

"Kita ketahui bahwa air di pinggir pantai juga sudah terserang oleh air laut, sehingga kapan air layak diminum,  badan geologi akan memberikan rekomendasi," jelasnya.

Gufron menyebutkan, sampai pada akhir tahun 2018, Badan Geologi Kementerian ESDM telah berhasil membangun sebanyak 2290 titik sumur bor tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dengan kapasitas debit air bersih mencapai 144,4 juta meter kubik per tahunnya, dan dapat mencukupi sebanyak kurang lebih 6,6 juta jiwa.

"Sampai pada tahun 2018 di Kabupaten Magelang sendiri telah berhasil dibangun sebanyak 28 unit sumur bor yang tersebar di 25 Desa di 11 Kecamatan, dengan kapasitas produksi air bersih mencapai 76,2000 meter kubik per tahun," tambah Gufron.

Sementara Bupati Magelang, Zaenal Arifin, melalui Kepala Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kabupaten Magelang, Sutarno, sangat mengapresiasi bantuan yang telah diberikan oleh Kementerian ESDM, di Desa Krinjing.

"Kami menghimbau kepada masyarakat agar dapat merawat sumur bor ini sehingga dapat berfungsi dan berkelanjutan dalam jangka panjang," ujarnya.(Kb.M2).


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply