» » Ratusan Biksu Arak Air Suci Waisak di Candi Mendut


MUNGKID, kabarMagelang.com__Ratusan umat Buddha menjalani prosesi Pradaksina mengarak air suci yang diambil dari Sendang Jlumprit, Kabupaten Temanggung, dengan memutari Candi Mendut sebanyak tiga kali, Kamis (16/5). Prosesi ini merupakan rangkaian  perayaan Hari  Tri Suci Waisak 2563 BE/2019  yang akan dipusatkan di Candi Agung Borobudur, Sabtu (18/5) hingga Minggu (19/5) dini hari.

Sebelumnya  rombongan pembawa air suci Waisak tiba di Candi Mendut, Mungkid, Magelang pukul 14.30 WIB,  yang diambil dari mata air Umbul Jumprit, Temanggung, Kamis (18/5) pagi. Setelah didoakan air suci Waisak sebanyak 12 kendi tersebut dibwa para Biksu untuk pradaksina dengan berjalan mengelilingi candi Mendut sebanyak tiga kali.

Sebelum disemayamkan di dalam Candi Mendut, 12 kendi berisi air suci yang dibawa para biksu terlebih dahulu diarak mengelilingi Candi Mendut. Selajutnya, air suci dibawa ke altar untuk didoakan oleh para biksu dari berbagai sangha dan para umat Buddha.

Biksu Dwi Wirya dari Sangha Mahayana Tanah Suci Indonesia berpesan bahwa kebaikan selalu ada dalam batin setiap manusia.

“Untuk itu mari kita kembangkan rasa cinta kasih kepada semua umat manusia tanpa pamrih, sehingga keharmonisan dan kerukunan bisa terjalin,” ungkapnya.(Kb.M2)



About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply