Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » "Bung Sunarya" Mudahkan Penghuni Rusunawa Punya Rumah Sendiri


KOTA, kabarMagelang.com__Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kota Magelang menggandeng PD BPR Bank Magelang membuat program Tabungan Khusus Perencanaan Griya (Bung Sunarya) untuk masyarakat penghuni Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) maupun Rumah Khusus (Rusus) di Kota Magelang. Program ini membantu masyarakat yang ingin menabung guna keperluan membangun atau membeli rumah sendiri.
  
Kepala Disperkim Kota Magelang, Handini Rahayu, menyatakan program ini menjadi implementasi tanggung jawab pemerintah untuk menyediakan perumahan bagi masyarakat. Pihaknya hadir melalui program tersebut.

"Kami memiliki kewajiban untuk memberikan kemudahan masyarakat untuk mendapatkan rumah tinggal sendiri, setelah sekian lama dibei kesempatan tinggal di rusunawa," ujar Handini, disela-sela penandatanganan kerjasama "Bung Sunarya" antara Disperkim dan PD BPR Bank Magelang, di Aula Rusunawa Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Jumat (17/5). 

Dijelaskan Handini, tinggal di Rusunawa memiliki batas waktu tertentu karena memakai sistem sewa. Para penghuni semestinya memiliki cita-cita untuk mempunyai rumah tinggal sendiri. Pihaknya pun berharap mereka memanfaatkan kemudahan Bung Sunarya dalam mewujudkan cita-cita tersebut.

"Jadi mumpung masih diawal-awal tahun menghuni, kami memberikan pendampingan agar mereka memiliki krentek (keinginan) yang sama untuk merencanakan memiliki rumah," tutur Handini.

Ia menyebutkan beberapa strategi sudah dilakukan pemerintah pusat dan digulirkan sampai ke daerah, terkait penyediaan perumahan. Salah satunya adalah pembangungan Rusunawa, Rusus, Rumah Tidak Layak Huni yang dilaksanakan melalui program peningkatan kualitas maupun pembangunan baru.

Melalui program tersebut diharapkan para penghuni Rusunawa untuk bisa memiliki perencanaan yang lebih pasti dan bisa dijangkau. Bung Sunarya merupakan tahapan awal dan masih akan ada tahapan lagi yang akan menjadi perencanaan bersama.

"Ke depan kami tidak hanya bermitra dengan PD BPR Bank Magelang, termasuk juga dengan sejumlah pengembang. Jadi nanti akan ada beberapa alternatif pilihan yang bisa diambil penghuni rusunawa ketika sudah memiliki perencanaan punya rumah sendiri," papar Handini.

Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina, mengapresiasi kerjasama yang terjalin antara Disperkim dengan PD BPR Bank Magelang tersebut. Ini salah satu inovasi Disperkim yang bisa dimasukkan dalam program Pemkot Magelang .

"Penghuni Rusunawa harusnya berterimakasih kepada Disperkim karena sudah menyiapkan program lanjutan setelah penyediaan Rusunawa yang sudah ditinggali ini," katanya.

Windarti juga berharap, penghuni Rusunawa memiliki perencanaan memiliki rumah sendiri dalam jangka waktu 3-6 tahun ke depan, bisa dengan membeli atau membangun sendiri maupun kembali mengikuti program pemerintah melalui Rumah Susun Sederhana Milik Sendiri (Rusunami).

Lebih lanjut, Bung Sunarya tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk menabung keperluan perumahaan tapi juga kebutuhan lainnya.

"Tabungan tidak akan merugikan diri sendiri. Kalau tidak untuk perumahan bisa untuk keperluan atau kebutuhan yang lain, beli baju saat lebaran misalnya," imbuh Windarti.

Direktur Utama PD BPR Bank Magelang, Hery Nurjiyanto, menambahkan beberapa fasilitas Bung Sunarya diantaranya nasabah akan mendapatkan asuransi, bebas biaya administrasi dan tetap diikutkan undian PD BPR Bank Magelang dengan hadiah mobil, sepeda motor dan lainnya.

"Bung Sunarya ini bisa dimanfaatkan para penghuni rusunawa maupun rusus dengan sebaik-baiknya," katanya.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply