» » Ribuan Umat Budha Dari Berbagai Negara Ikuti Indonesia Tipitaka Chanting 2019 di Borobudur


Borobudur, kabarMagelang.com__Ribuan umat Budha dari sangha Therafada Indonesia menyelenggarakan kegiatan "Indonesia Tipitaka Chanting & Pujabakti Agung Asadha" 2563/2019 di Taman Lumbini Candi Borobudur. Tipika Chanting ke 5 ini, juga diikuti oleh umat Budha dari berbagai Negara dan berlangsung selama tiga hari, (12 – 14 Juli 2019).

Kepala Sangha Theravada Indonesia Bante Pannavaro Theravada, mengungkapkan bahwa Tipika Chanting merupakan kegiatan pembacaan kitap suci Tipitaka dalam bahasa otentik atau Pali.
“Setelah itu beberapa Bhiku yang berkompenten menguraikanya, dan siapa saja boleh mengikuti,” katanya usai mengikuti pembukaan ITC di Candi Borobudur, Jumat (12/7).

Dia menyebutkan bahwa Indonesia Tipitaka Chanting 2019 ini diikuti oleh 1000 umat Budha dari Sangha Theravada Indonesia.

“Ditambah dari beberapa Negara seperti Malaysia, Thailand, Kamboja, Myanmar, Vietnam, Banglades dan ada juga yang dari Cina,” jelas Pannavaro.

Selama mengikuti kegiatan Tipika Chanting ini seluruh umat Budha, selain ikut membaca kitab Tipitaka, juga wajib menjalankan delapan sila. Diantaranya tidak boleh bermake up, hidup sederhana, tidak makan setelah jam 12, dll.

“Indonesia Tipika Chanting ke 5 tahun 2019 ini akan ditutup pada hari Minggu (14/7) dengan acara Pujabakti Agung Asadha bertempat di plataran Candi Borobudur, yang akan dihadiri langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim,” terangnya.

Sementara Kepala Bimas Agama Budha Kemetrian RI, Caliadi mengatakan kegiatan Tipika Chanting ini juga dihadiri oleh beberapa tokoh Agama lain seperti Nasrani, Islam, dan Hindu.

“Pendalaman kitab suci secara baik dan utuh, diharapkan dapat diiplementasikan bagaimana hidup berdampingan antar umat agama di Indonesia,” tandasnya.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply