» » Akibat Limbah Pabrik Dua Warga Tempuran Nekat Adukan ke Presiden


Mungkid, kabarMagelang.com__Dua warga Kecamatan Tempuran, Magelang, nekat mengadukan adanya pencemaran lingkungan dari salah satu pabrik yang tidak jauh dari tempat tinggalnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pengaduan tersebut ia sampaikan melalui surat yang langsung diberikan kepada Jokowi usai melaksanakan Shalat Jumat di Masjid An-Nuur Mungkid, Jumat (30/8). Mereka adalah Harso Tarmungkas dan Maman, warga Punduhsari, Kecamatan Tempuran, Magelang.

Kedua warga Tempuran ini sedianya akan menjemput saudaranya yang baru pulang haji di Pemkab Magelang. Pada saat yang bersamaan, mereka mendengar informasi Jokowi melakukan Salat Jumat di Masjid An-Nuur yang tak jauh dari Pemkab. Selesai Salat Jumat, keduanya ikut antre bersalaman dengan presiden. Kesempatan ini tak mereka sia-saiakan, keduanya lalu menyerahkan surat dalam amplop warna cokelat dan diterima langsung oleh Presiden.

“Surat tentang pengaduan pencemaran lingkungan yang diakibatkan adanya pabrik pengolahan pakan ternak di Dusun Sidoagung, Tempuran, Magelang, yang sudah meresahkan warga. Sebelumnya suda dilakukan mediasi dengan pihak terkait, tetapi belum ada penyelesaiannya,” kata Asep di Halaman Masjid An-Nuur usai menyerahkan surat kepada Jokowi.

Dia mengaku tidak sengaja membawa pothocopyan yang pernah mereka layangkan kepada Dinas Lingkungan Hidup, dan DPRD serta Bupati Magelang, terkait hal tersebut, pada tanggal 22 Agustus yang lalu.

 “Saya pas jemput haji, kok mendengar ada Pak Jokowi datang ke Masjid An-Nuur dan saya bawa copyan  tanda tangan warga yang sudah terdampak. Dari  Puskesmas juga menandatangi karena memang letaknya hanya 200 meter dari pabrik,” katanya sambil menyebut nama pabrik pengolahan pakan ternak.

“Kita sudah, melakukan pelaporan pada instansi terkait tapi belum ditindaklanjuti, Mudah-mudahan setelah diterima langsung Bapak Jokowi, bisa cepat ditindaklanjuti,” harap Asep.

Diketahui Presiden Joko Widodo dan rombongan berkunjung ke Kabupaten Magelang dalam rangka penyerahan 5000 sertifikat tanah kepada masyarakat. Sebelumnya Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyempatkan Goes keliling kawasan Candi Borobudur Jumat (30/8) pagi.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply