Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Pasar Rakyat Magelangan Berdayakan Produk Unggulan UMKM


Mungkid, kabarMagelang.com_ Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Magelang menggelar Pasar Rakyat Magelangan, di Lapangan Soepardi Kota Mungkid, Rabu (21/8). Pasar rakyat yang akan berlangsung hingga Sabtu (23/8) mendatang ini bertujuan untuk memberdayakan usaha produk unggulan UMKM dan memotivasi para siswa dan pengajar dalam menumbuhkembangkan kemajuan bakat, minat, serta kreativitas Pendidikan.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Magelang, Asfuri Muhsis, menyebutkan ada157 stan yang ikut dalam pameran Pasar Rakyat Magelangan, diantaranya, 100 stan UKM, 42 stan pendidikan SD, dan 15 stan dari sponsor.

Sedangkan produk yang dipamerkan adalah olahan pangan, produk kerajinan, UMKM kuliner, produk fashion dan batik, koperasi dan perbankan, produk pertanian, perkebunan, dan kehutanan, serta hasil pendidikan dari tingkat SD.

"Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-74, serta memberdayakan produk unggulan UMKM dan memberikan motivasi kepada para siswa dan pengajar untuk menumbuhkan kemajuan," ungkapnya.

Bupati Magelang melalui Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, mengatakan bahwa, peran UMKM dalam menunjang perekonomian di Indonesia sangatlah besar karena jumlahnya relatif banyak yang mencapai lebih dari 90 persen dari total unit usaha nasional.

"Sementara di Kabupaten Magelang sampai tahun 2019 ini terdapat 106.000 unit UMKM yang berkembang dan tersebar di 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Magelang," jelasnya.

Meskipun jumlah UMKM di Kabupaten Magelang tergolong sangat banyak, namun tidak semua UMKM memiliki performa yang bagus, seperti masih rendahnya produktivitas tenaga kerja, terbatasnya produk unggulan, dan minimnya inovasi serta serta sertivikasi produk. Dengan dibukanya pasar bebas, maka produk dari luar juga akan mudah masuk ke pasar dalam negeri, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

"Maka perlu peningkatan kualitas UMKM, baik menyangkut lembaganya, produk pemasaran, maupun aksesnya," pungkas Adi.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply