Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Bencana Angin Puting Beliung, Pemerintah Tetapkan Status Darurat


kabarMagelang.com__ Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, menetapkan status darurat atas bencana angin puting beliung yang telah melanda di beberapa wilayah di Kabupaten Magelang, kemarin tanggal 20-21 Oktober 2019. Hal tersebut disampaikan Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, saat meninjau para korban bencana di tempat pengungsian Pogalan, Pakis, Senin (21/10/2019).

Bupati Magelang, Zaenal Arifin, mengatakan bahwa, Pemerintah Kabupaten Magelang saat ini telah menetapkan status darurat atas bencana yang melanda beberapa wilayah di Magelang selama dua hari ini.

"Status darurat kita tetapkan untuk 14 hari kedepan agar kita segera bisa menangani bencana ini dengan cepat. dengan status darurat ini, secara regulasi kita bisa melakukan langkah-langkah yang strategis," katanya.

Akibat dari kejadian angin putting beliung (21/10), jumlah pengungsi di Balai Desa Ketundan dan masjid-masjid di Kecamatan Pakis kurang lebih sebanyak 853 KK dengan jumlah 2.682 jiwa. Sementara 94 jiwa tercatat telah mengungsi di Balai Desa Pogalan.

"Pemerintah sangat prihatin dengan terjadinya bencana ini. Kami juga sangat mengapresiasi atas sinergitas dan kesigapan para personel baik TNI, POLRI, dan para relawan yang telah membantu proses assasment dan evakuasi warga," ungkap, Zaenal.

Diketahui data BPBD Kabupaten Magelang, sejumlah wilayah yang terdampak bencana angin puting beliung meliputi antara lain, Kecamatan Pakis, Kecamatan Sawangan, Kajoran, Ngablak, Tegalrejo, Srumbung, dan Dukun.

Bencana tersebut mengakibatkan banyak kerusakan rumah warga, sehingga tidak sedikit warga masyarakat terpaksa diungsikan di tempat-tempat pengungsian sementara dengan alasan keselamatan.

Selain itu, di Kecamatan Sawangan juga terjadi kerusakan di 26 rumah warga. Di Kecamatan Kajoran 50 rumah rusak ringan, Kecamatan Ngablak 50 rumah rusak ringan, Kecamatan Tegalrejo 12 rumah rusak ringan, Kecamatan Srumbung dan Dukun banyak pohon tumbang yang menutupi akses jalan.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply