» » Meski Terjadi Erupsi Status Gunung Merapi Masih Tetap Waspada


kabarMagelang.com__Meski erupsi Gunung Merapi telah terjadi letusan yang mengeluarkan awan panas, namun status Gunung Merapi belum dianikan dan masih tetatp waspa. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Balai Penyelidikan dan Perkembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Hanik Humaida, saat menghadiri acara gladi posko dan gladi lapang penanganan darurat bencana Kabupaten Magelang di Desa Sengi, Kecamatan Dukun Magelang, Selasa (15/10).

Kepala Balai Penyelidikan dan Perkembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Hanik Humaida, mengungkapkan, bahwa kondisi perkembangan Gunung Merapi saat ini kembali normal,  setelah terjadi letusan awan panas, Senin (14/10) kemarin.

"Untuk saat ini sudah rendah lagi aktivitasnya. Artinya setelah terjadi letusan awan panas kemarin sore, ya sudah saat ini kembali normal," ungkapnya.

Menurut, Hanik, letusan awan panas tersebut merupakan akumulasi gas yang ada dipermukaan Gunung Merapi yang tidak terdeteksi sebelumnya atau tidak terindikasiakan adanya erupsi. Dari segi kegempaan juga tidak ada perubahan yang signifikan.

“Aktivitas dalam kawah juga sudah kembali normal, seperti itulah trend Gunung Merapi saat ini.. Dari asap juga sudah kecil sekali, guguran juga kecil. Dari jam 00.00-06.00 WIB hanya ada 6 kali guguran. Kemudian 1 gempa MP 2 tektonik, artinya itu sangat rendah aktivitasnya," jelas Hanik.

Dia menegaskan meskipun aktivitasnya sudah kembali normal, dan statusnya  masih tetap waspada, masyarakat tetap dilarang beraktivitas dalam radius 3 kilometer dari puncak.

"Masyarakat harus tetap waspada dengan aktivitas Merapi karena potensi susulan kemungkinan masih ada," ujarnya. (Kb.M2)


About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply