» » Walikota Magelang Ajak Masyarakat Untuk Mengamalkan Seluruh Sila Yang Tertuang Dalam Pancasila

Kota, kabarMagelang.com--Pengamalan seluruh sila dari Pancasila menjadi atensi Walikota Magelang, Sigit Widyonindito saat memimpin pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Walikota Magelang, Selasa (1/10). Menurut Sigit, memperingati Hari Kesaktian Pancasila juga menjadi perwujudan bentuk penghormatan terhadap Pancasila sebagai falsafah bangsa dan dasar negara.

"Penting bagi seluruh masyarakat Kota Magelang untuk mengetahui dan mengamalkan semua sila yang tertuang dalam Pancasila, kemudian diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari," katanya.

Ia menjelaskan, peringatan ini juga menjadi momen bangsa Indonesia untuk mawas diri dalam segala bentuk. Menurutnya, Pancasila tidak dapat diubah dengan ideologi apapun. Sebab, sumber dari segala sumber hukum di negeri ini mengandung nilai-nilai luhur yang harus ditanam sebagai kepribadian bangsa Indonesia.

”Melalui Hari Kesaktian Pancasila dapat menggali kembali makna yang terkandung dalam Pancasila. Setiap sebagai warga Indonesia, sudah tertanam jiwa Pancasila sehingga menjadi kekuatan untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ancaman apapun,” tandasnya.

Sigit juga menekankan kepada jajaran pegawai Pemkot Magelang, agar senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Selain itu, selalu menjaga kekompakan dan bekerja sesuai aturan yang berlaku.

”Bangsa ini sudah diuji beberapa kali. Kita tentunya harus bisa lebih mawas diri dalam segala bentuk, terutama pada momen peringatan Hari Kesaktian Pancasila seperti saat ini,” kata Sigit.

Menurutnya, Pancasila harus dijunjung tinggi dan diimplementasikan dalam sendi-sendi kehidupan oleh semua orang. Terutama generasi muda, kata dia, haruslah menerapkan nilai Pancasila dalam setiap kegiatan, baik itu di sekolah ataupun di rumah.

”Sebagai generasi penerus kita nantinya, belajar dan berpikir secara cerdas sudah menjadi kewajiban. Dengan begitu, kita akan mudah menangkal gerak-gerik yang bisa mengganggu ideologi bangsa ini. Pencegahan harus diawali sejak dini,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina, Ketua DPRD Kota Magelang Budi Prayitno dan perwakilan seluruh Organisasi Perangkat Daerah(OPD) dilingkungan Pemkot Magelang, unsur TNI, perwakilan pelajar, dan mahasiswa Kota Magelang.

"Mengamalkan Pancasila sama sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, terlebih untuk menjaga persatuan dan kebersamaan tetap utuh dan mampu kompak untuk memajukan bangsa Indonesia," tuturnya.

Bersamaan dengan momentum itu, turut diumumkan para pemenang lomba Karnaval Pembangunan dari semua kategori. Untuk kategori OPD juara 1 diperoleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim), juara 2 Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), dan juara 3 Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Sedangkan, pemenang untuk kategori kecamatan juara 1 diraih oleh Kelurahan Kemirirejo, juara 2 Kelurahan Jurangombo Utara, dan juara ketiga diraih Kelurahan Kramat Selatan.

Selanjutnya pada kategori sekolah, juara pertama 1 diraih SMP Pantekosta, juara kedua SMP N 8, dan juara tiga SD-SMP Tarakanita. Untuk kategori umum, juara satu diraih Trio Plaza, juara kedua PDAM Kota Magelang, dan juara 3 Bank Magelang. Sementara juara umum diraih oleh SMP Pantekosta. (Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply