Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Hari Kesehatan Nasional, Tingginya Harga Obat Belum Teratasi


KabarMagelang.com__Ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait dengan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas, yaitu 'Stunting' dan 'Jaminan Kesehatan Nasional'. Hal tersebut disampaikan oleh, Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana, saat membacakan sambutan dari, Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, pada upacara Apel Pagi memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN), di halaman Setda Kabupaten Magelang, Selasa (12/11).

"Selain itu ada dua isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi, yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri," kata, Edi Cahyana.

Dia menyebutkan, isu-isu strategis telah dilaksanakan dan menghasilkan perbaikan, seperti menurunya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, dan meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular.

Jaminan Kesehatan Nasional atau (JKN) telah dilaksanakan sepenuhnya meski besar tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraannya. Peningkatan pemanfaatan JKN menjadi bukti bahwa JKN sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

"Dalam kurun waktu 5 tahun, angka Stunting telah berhasil diturunkan hampir 10 persen," ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti, menjelaskan bahwa, kegiatan cek kesehatan secara gratis ini telah dilaksanakan setiap tahunnya terutama pada saat peringatan Hari Kesehatan Nasional.

"Ini sebenarnya media promosi untuk mendorong masyarakat untuk sadar diri terhadap kondisi kesehatan tubuhnya. Hari ini kami menyediakan 200 slot dalam cek kesehatan, dengan harapan masyarakat nantinya bisa secara mandiri memanfaatkan laboratorium masyarakat yang ada di UPT Dinas Kesehatan ataupun Puskesmas untuk melakukan cek kesehatan secara rutin,” tandasnya

Usai melaksanakan kegiatan Apel Peringatan Hari Kesehatan Nasional, acara dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan para PNS di lingkungan Pemkab Magelang. yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply