» » Rano Karno Dorong Pemkab Magelang Perjuangkan Posisi Borobudur


kabarMagelang.com__ Anggota Komisi X DPR RI, H. Rano Karno menyinggung posisi Candi Borobudur, yang masih perlu diperjuangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang agar jelas secara Public Position (Posisi secara publik).

"Borobudur ini sebenarnya di mana sih? kenapa masih banyak tertulis di DIY, terutama di sosial media. Nah, artinya ini yang harus diperjuangkan oleh Pemkab Magelang," ujar, Rano Karno, saat melakukan kunjungan kerja spesifik bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, bersama rombongan Komisi X DPR RI di Kabupaten Magelang, Jumat (22/11).

Selain itu, ia juga mempertanyakan apakah masyarakat yang tinggal di sekitar Candi Borobudur sudah ikut menikmati dengan keberadaan destinasi wisata bertaraf internasional itu.

"Tadi saya sempat bertanya kepada Pak Camat, katanya di Borobudur ini ada 20 Desa. Maka saya tanya, apakah masyarakatnya sudah ikut menikmati dengan keberadaan Candi Borobudur, ya Alhamdulilah kalau sudah ikut menikmati. Jangan sampai Borobudurnya ramai, masyarakatnya tidak dapat apa-apa," katanya.

Menurutnya, keterlibatan masyarakat dalam pembangunan pariwisata sangatlah penting dan harus diperhatikan. Ia mengatakan bahwa, pembangunan pariwisata sangat sensitif dengan isu.

"Jangan sampai nanti masyarakat Borobudur menolak, semua bisa drop," ujar Rano.

Pria yang dikenal dengan panggilan 'Bang Doel' ini menilai jumlah wisatawan yang bakal berkunjung di Candi Borobudur akan meningkat secara signifikan apabila Bandara New Yogyakarta Internasional sudah mulai beroperasi.

"Maka saya tanya tadi, berapa banyak sih beban orang yang bisa menginjak candi, 1 juta atau 2 juta, atau bagaimana caranya. Mungkin tidak boleh juga orang serentak berada di titik candi yang mana, nah itu kan juga perlu dikaji dan diatur," ungkapnya..

Untuk itu  dengan adanya Bandara New Yogyakarta Internasional, maka kawasan di sekitar Candi Borobudur pun harus juga dipersiapkan dengan baik. Peran agen-agent travel harus duduk bersama membicarakan terkait pembagian waktu dan jadwal kunjungan.

"Kan nggak mungkin ngumpul brukkk di satu tempat saja, jadi harus dibagi dengan baik dan dibicarakan bersama-sama" pungkas, Rano.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply