Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Pemkot Magelang Akan Renovasi Rumah Pasien Tuberkulosis di Karanggading


kabarMagelang.com__Tim gabungan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Magelang mendatangi rumah seorang pasien Tuberkulosis (TB), Lovend Cahya Christia (22), di Kampung Karanggading RT: 04 RW: 02 Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang. 

Kedatangan mereka merupakan respon cepat Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang atas laporan masyarakat terkait keberadaan pasien tersebut. 

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular DKK Magelang, Lilik Sunarto, pasien Lovend telah berada di RSUD Tidar untuk penanganan medis yang lebih intensif tidak lama setelah ada laporan ada warga. 

“Pasien sudah ditangani oleh dokter di RSUD Tidar. Sekarang kami datangi rumah tinggalnya dan ternyata kondisi rumah tidak sehat, minim sirkulasi udara," tuturnya.

Lilik menyebutkan, tim akan melakukan renovasi di beberapa titik rumahnya, antara lain dengan membuka akses pencahayaan dan membuat ventilasi agar aliran sirkulasi udara. Menurutnya, kondisi rumahnya lembab sehingga sangat berpotensi menimbulkan penyakit apalagi TB adalah penyakit yang sangat mudah menular.

"Kuman TB bisa mati jika kena matahari. Sirkulasi udara yang baik juga bisa mencegah penularan, apalagi Budhenya Lovend yang tinggal di rumah ini juga sakit TB tapi sudah sembuh, dan saudara laki-lakinya juga ada yang sakit," katanya.

Untuk di Kota Magelang sendiri penderita TB meningkat sejak tahun 2018. Tahun lalu, jumlah pasien baru TB Paru sebanyak 94 orang dan TB Ekstra Paru 2 orang. Sedangkan hingga September 2019, jumlah pasien baru TB Paru mencapai 128 orang, TB Ekstra Paru 17 orang dan TB Anak 29 orang,

"Semua tertangani untuk pengobatan," sebutnya. 

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang Joko Budiyono, yang ikut serta dalam  peninjauan itu mengatakan telah menginstruksikan tim untuk segera melakukan penanganan, mulai dari renovasi rumah hingga pengobatan pasien dan keluarganya.

"Kami sudah mengadakan rapat untuk penanganan masalah sosial ini. Secara medis, Lovend sudah ditangani oleh dokter di RSUD Tidar sejak beberapa hari lalu. Hari ini bersama tim kita meninjau langsung kondisi rumah dan keluarganya," papar Joko.

Adapun tim terdiri dari Dinas Kesehatan, Bagian Kesra, Bagian Humas, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Satpol PP, Camat Magelang Selatan, dan kelurahan. Usai melihat kondisi tempat tinggal pasien, Joko meminta rumah tersebut direnovasi agar menjadi rumah sehat.

“Kami lihat kondisi pasien memprihatinkan. Termasuk kondisi tempat tinggalnya. Maka, saya minta rumah ini ditata agar menjadi rumah sehat. Kondisi sekarang minim pencahayaan, minim sirkulasi udara, dan lembab,” katanya.

Joko menegaskan, rumah ini harus berubah menjadi sehat, sehingga ketika pasien Lovend kembali ke rumah tinggal dan menjalani rawat jalan bisa lebih sehat. Tidak hanya fisik rumah, pihaknya juga siap membantu kebutuhan sehari-hari keluarga pasien tersebut, termasuk membebaskan biaya sewa atau kontrak rumah setahun ke depan.
               
“Kalau kondisi rumahnya tidak sehat seperti ini, kami khawatir pasien Lovend saat kembali ke rumah tidak bisa sembuh total. Termasuk dapat menular ke anggota keluarga lainnya. Maka, perlu kita siapkan rumahnya menjadi sehat sebelum pasien tersebut pulang,” paparnya.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply