» » Balkondes Senilai Rp.1,3 Miliar di Borobudur Mati Suri


Borobudur, kabarMagelang.com__Beberapa Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Kecamatan Borobudur, Magelang mati suri, salah satunya adalah Balkondes Desa Kebonsari, Kecamatan Borobudur, Magelang. Bangunan senilai Rp. 1,3 miliar yang didanai dari kementrian BUMN melalui PT. Hutama Karya (persero) tersebut tampak sepi, tidak ada pengelola, apalagi pengunjung. Bangunan yang baru beberapa tahun jadi ini juga sudah ada beberapa yang rusak.

Kepala Desa Kebonsari, Kecamatan Borobudur Dwi Rimbang Setio, mengungkpakan sudah beberapa tahun terakhir pengelola Balkondes mengalami pergantian.

“Sejak berdiri Balkondes sudah tiga kali pengelola diganti, karena mereka tidak menerima gaji. Mereka datang ke balkondes, hanya jika ada even atau jika ada yang menggunakan Balokondes,” ungkapnya saat ditemui di Balai Desa Kebonsari, Senin (23/12).

Dia menyebutkan bahwa 3 orang karyawan tetap yang biasa menangani juga sudah keluar karena keuntungan dari Balkondes tidak tidak ada. 

“Kemarin sebelum macet total seperti ini yang dijadikan karyawan tetap ada dua orang yaitu dapur satu dan penjaga malam,” ujar Rimbang.

Pendampingan pengelolaan Balkondes sendiri juga sudah mengalami pergantian sebanyak tiga kali, yakni mulai dari PT.TWCB, kemudian Patra Jasa, dan terkhir PT. Comunity Based Tourism (CBT) Nusantara.

“Sampai saat ini setahu saya juga belum ada serah terima secara resmi dari BUMN ke pihak Desa. Tahun 2019 informasinya sudah ada dana lagi dari BUMN senialai Rp.200 juta, namun belum bisa diambil.  Alasannya dari pihak CBT untuk pendampingan, intinya setiap desa yang ingin mengadakan event di balkondes harus mengajukan proposal. Uang itu tidak ditujukan langsung ke desa tetapi  melalui CBT,” jelasnya. 

Dia berharap dana dari BUMN diserahkan ke Desa, meskipun yang mengerjakan nantinya dari pihak ke Desa.  Pihaknya pernah mengajukan perbaikan atap Balkondes dan Kursi senilai Rp.15 juta ke CBT.

“Namun dari CBT hanya cair Rp.3 juta,” sebut Rimbang.

Sementarqa pengelola Balkondes Kebonsari saat dihubungi tidak bersedia memberikan keterangan terkait Balkondes yang dikelolanya.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply