Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Pemkot Magelang Akan Gelar Haul Pangeran Diponegoro


kabarMagelang.com__Haul (memperingati hari wafat) Pangeran Diponegoro akan digelar di kompleks Museum BPK, Kota Magelang, Rabu (8/1/2020) lusa. Acara tersebut merupakan bentuk edukasi tentang kesejarahan Pangeran Diponegoro sebagai pahlawan nasional yang memiliki napak tilas di Kota Magelang.

Ketua Umum acara Haul Pangeran Diponegoro, Tugono, menjelaskan haul tahun ini adalah pelaksanaan yang ke-3. Tahun ini akan menghadirkan Ki Roni Sodewo Ketua Paguyuban Trah Pangeran Diponegoro (Patra Adi). Ki Sodewo akan memberikan ceramah singkat kesejarahan perjuangan Pangeran Diponegoro.

"Kegiatan ini untuk memperingati hari kematian Pangeran Diponegoro, yang meninggal pada tanggal 8 Januari 1855, kita laksanakan tepat pada tanggal 8 Januari 2020," ujar Tugono, ditemui disela kegiatan doa bersama menjelang Haul P. Diponegoro, di masjid komplek eks Bakorwil II Magelang, Senin (6/1).

Acara juga akan diisi dengan doa bersama dan siraman rohani oleh KH Yakub Mubarok dari Parakan Temanggung.

Tugono yang merupakan Camat Magelang Tengah itu mengatakan, acara tersebut rencananya akan dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Pangdam IV/Diponegoro, Forpimda Kota Magelang, trah-trah P. Diponegoro, sejarawan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, perwakilan pelajar se-Kota Magelang, masyarakat umum dan sebagainya.

"Pangeran Diponegoro memiliki jejak sejarah bagaimana melawan penjajah Belanda di Kota Magelang. Kita akan mendoakan beliau, sekaligus menjadi pembelajaran bagi generasi muda untuk mencintai bangsa ini melalui sejarah beliau," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Ahmad Ludin Idris, mengemukakan haul P. Diponegoro merupakan salah satu kegiatan dalam rangka Moncer Serius 2020 (Modern, Cerdas, Sejahtera, dan Religius).

Kegiatan ini mengkolaborasikan pendidikan dan keagamaan yang diharapkan akan memperkaya khasanah keilmuan serta rohani masyarakat.

"Salah satu kegiatan Moncer Serius 2020 di awal tahun ini adalah haul P. Diponegoro, setelah dibuka dengan gebyar pariwisata tahun baru awal Januari 2020. Ada unsur pendidikan dan agama (religius) pada acara tersebut sehingga diharapkan bisa mengedukasi masyarakat," tutur Idris.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply