Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Umat Islam Kota Magelang Diminta Beribadah di Rumah


kabarMagelang.com__ Seluruh umat Islam di Kota Magelang diminta untuk melakukan aktivitas dan ibadah selama bulan suci Ramadan di rumah. Hal ini mengingat pandemi virus corona (Covid-19) yang belum berakhir.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang Sofia Nur menjelaskan, ketentuan ini mengacu pada Surat Edaran Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2020 terkait Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Payung hukum itu ditindaklanjuti dengan SE Kemenag Kota Magelang No 425/Kk.11.30/3/BA.03.1/04/2020 tentang imbauan peribadatan umat Muslim di bulan Ramadan, di tengah pandemi virus corona.

"Kami mengimbau seluruh umat Islam di Kota Magelang untuk menjalankan ibadah puasa dengan baik berdasarkan ketentuan fiqih," tutur Sofia, Sabtu (25/4/2020).

Akan tetapi,  aktivitas yang biasanya dilakukan di luar rumah seperti kegiatan sahur on the road dan buka bersama, sebisa mungkin dilakukan cukup dengan keluarga di rumah. Menurut dia, kegiatan tersebut berpotensi mengumpulkan banyak orang.

"Meniadakan buka puasa yang dilakukan oleh pemerintah, lembaga swasta, masjid ataupun musala. Termasuk kegiatan ibadah salat tarawih, tadarus Alquran, dan lainnya digelar tanpa kerumunan massa. Salat tarawih digelar secara jamaah atau individu di rumah," papar Sofia.

Tidak hanya itu, kegiatan Nuzulul Quran pada hari ke-17 bulan Ramadan juga diimbau agar umat Islam tidak menggelarnya dalam bentuk tabligh sehingga mengundang massa dalam jumlah besar.

"Lalu tarawih keliling (tarling) diharapkan tidak digelar. Termasuk takbiran, pesantren kilat dan lainnya, kecuali di media sosial," paparnya.

Untuk aturan lebih lanjut, seperti salat Idul Fitri dan silaturahmi halal bihalal, saat Lebaran nanti, akan diberitahukan setelah ada petunjuk dari Kementerian Agama RI.

Sofia memastikan, pelaksanaan ibadah di rumah tak mengurangi pahala dalam beribadah. Karena saat ini, dunia dan Indonesia khususnya telah menghadapi pandemi virus corona.

"Untuk itu, mari bersama melaksanakan kebijakan pemerintah, karena kebijakan pemerintah terhadap rakyatnya tentu berorientasi kepada kemaslahatan," tandasnya. (Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply