» » Polisi Selidiki Penyebar Hoax Penculikan Kyai Positif Corona di Windusari

kabarMagelang.com__Polisi Sektor Windusari, Polres Magelang selidiki penyebar hoax penculikan kyai yang sempat meresahkan warga. Isu yang disebar melalui jejaring facebook dan grup wa ini menyebutkan adanya penculikan secara halus kyai pengasuh pondok pesantren dengan memvonis positif corona.

Kapolsek Windusari, Iptu Irfan Azyan membenarkan adanya pesan berantai tersebut dengan accun nama Sarinten Inten dan Whatsapp dengan nama B Mudah yang beredar Wilayah Windusari (8/5/2020) kemarin.

“Benar pesan tersebut beredar melalui media sosial whastApp. Dan menambah resah masyarakat sekitar,” katanya di Mapolres Magelang Senin, (11/5/2020).

Kapolsek menjelaskan sebenarnya yang terjadi dmana pada tanggal 8 Mei 2020 lalu pihaknya mendampingi petugas Kesehatan untuk menjeput seorang ulama dan dua orang lainnya di daerah Windusari. 

“Mereka dijemput oleh Tim Medis ber APD lengkap dengan pengawalan Polsek dan Koramil. Penjemputan dilakukan karena hasil tes swab kepada tiga orang tersebut hasilnya positif. Mereka memiliki riwayat mengikuti Itjima Ulama Sedunia di Gowa Sulawesi,” jelasnya.

Dia mengungkapkan bahwa sebenarnya sudah ada himbauan dari petugas  untuk melakukan isolasi mandiri, namun muncul kekuatiran dari masyarakat sekitarnya. Dan penjemputan tersebut atas dasar permintaan masyarakat yang khawatir tertular, setelah koordinasi dengan pihak Muspika, Puskesmas Windusari dan Kelurga Pasien.

“Selama proses penjemputan berjalan aman, lancar dan kondusif tidak ada paksaan. Dan pasien sudah dibawa ke eks Kantor BPPKP Srowol Mungkid Magelang untuk menjalani isolasi dengan pengawasan ketat,” terang Irfan.

Kapolsek juga menegaskan akan melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait pesan hoax yang terlanjur beredar sehingga membuat resah masyarakat. 

“Kita akan usut sumber utamanya karena bisa dikenakan pasal di UU ITE, dengan menyebarkan berita bohong / Hoak,” tegasnya.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply