» » Pria Asal Magelang Ciptakan Sawah di Atas Kolam, Panen 4 Kali Lipat

KabarMagelang.com--Seorang warga di Magelang berhasil memanfaatkan lahan kosong di atas kolam ikannya untuk menanam padi, dengan media peralon yang dinamai higdroganik.

Dia adalah Muh Khoirul Soleh, warga Dusun Kebonkliwon, Desa Kebonrejo, Kecamatan Salaman, Magelang.

Hidroganik ini dia buat di atas kolam ikan yang berukuran 19 x 5 meter di samping rumahnya. Sedang hidroganiknya  berukuran 6 x 12 meter.

“Menanam padi hidroganik menggunakan media kompos dan sekam bakar, tidak seperti hidroponik yang hanya murni menggunakan media air dan ada media semai,” ujar Muh Khoirul, Senin (8/6/2020).

Awalnya hanya coba-coba, setelah melihat contoh di sebuah konten youtube, yang hasil panennya menurut informasi bisa empat kali lipat dari menanam padi di sawah.

“Saya kan punya kolam ikan yang airnya biasa saya gunakan untuk menyiram bibit tanaman. Daripada atasnya kosong lalu saya coba alternatif untuk menanam padi, siapa tahu bisa menopang ketahanan pangan minimal keluarga,” ungkap pria yang biasa dipanggil Irul ini.

Dalam pembuatanya dia menghabiskan 24 peralon yang dilobang dengan jarak tanam 25 cm. Untuk padi yang ditaman ada dua jenis yakni IR 64 yang berusia 1 bulan lebih 10 hari dan satunya jenis padi merah putih yang berusia 1 bulan. Keuntungan hidroganik ini yakni diperkirakan bisa lima kali lipat dari menanam padi biasa.

“Kenapa bisa lima kali, karena ketika umur sudah 70 hari, saya sudah bikin semai. Begitu panen bibit yang baru langsung dimasukan lagi nggak usah mencangkul. Jadi ada hemat  20 hari, terpangkas 20 hari setiap panen," ujarnya.

Irul menyebutkan, untuk membuat media tanam ini totalnya menghabiskan sekitar Rp7 juta. Yakni guna membeli peralon ukuran 4 inchi, baja ringan dan cup menanam bibit padi. Dan kini meakipun belum panen, Irul mengku sudah ada yang memesan untuk dibuatkan media tanam tersebut, yaitu dari Bogor, Jawa Barat.

“Ini sudah ada pesanan dari Bogor untuk dibuatkan. Mereka tahu dari facebook saya. Saya belajar autodidak. Pesanan dari Bogor dengan ukuran 10 x 10 meter dua tempat,” kata Irul

Dia menambahkan, menanam model ini, sangat cocok bagi mereka yang tidak memiliki lahan dan lokasi yang susah air.

"Jika yang air susah bisa membuat kolam dengan terpal, diisikan ikan maupun lele, nantinya di atasnya digunakan untuk menanam padi," pungkasnya.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply