Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Status Zona Merah, Ini Penjelasan Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP

kabarMagelang.com__Menanggapi pernyataan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menerangkan bahwa Kabupaten Magelang termasuk zona merah, Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP menegaskan belum menerima surat resmi dari Ganjar terkait status tersebut. Hal ini disampaikan Zaenal Arifin saat dikonfirmasi melalui telpon selulernya, Selasa (16/6/2020) petang.

“Kita belum menerima surat secara resmi dari Pak Gub, yang menyatakan Kabupaten Magelang masuk zona merah,” ungkapnya.

Zaenal menyebutkan bahwa zona merah itu karena adanya transmisi local, seperti di wilayah Kecamatan Secang yang sebagian besar sudah ada transmisi local, dan bukan sekedar dari luar membawa virus, namun sudah terjadi kontak disitu.

“Mungkin itu yang dikatakan zona merah, oleh Pak Gubernur,” ujar Zaenal.

Namun demikian  pihaknya juga akan selalu menindaklanjuti apa yang menjadi instruksi dari Gubernur Ganjar Pranowo yang disampaikan secara umum seluruh wilayah Jawa Tengah, Khusunya untuk Kabupaten Magelang, yakni dengan mengeluarkan surat instruksi Bupati selaku ketua gugus tugas untuk persiapan juga menuju kenormalan baru (new Normal) sesuai dengan protocol kesehatan yang berlaku.

 “Ada tujuh item standarnya diantaranya pengecekan suhu tubuh, menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun, penyemprotan  disinfektasi secara berkala, jaga jarak minimal satu meter, menghindari kerumunan, dan disiplin mematuhi standar protokol kesehatan,” jelasnya.

Sementara tindak lanjut penanganan covid-19 adalah bagaimana Dinas Kesehatan menekan angka penyebaran covid di lingkungan Pemda Magelang untuk persiapan menuju kenormalan baru.

“Karena ada beberapa daerah yang wilayah kecamatan itu zona hijau, merah, kuning dan ada oreng. Nah disitu bisa melaksanakan aktivitas. Untuk mekanismenya nanti akan diatur melalui Surat dari Sekda,” kata Zaenal.

Bupati menambahkan bahwa saat ini trend grafik Covid-19 di Kabupaten Magelang lebih banyak yang sembuh dan membaik. 

“Kita sudah melakukan penekanan-penekanan terus terhadap penyebaran sesuai protokol kesehatan,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Senin (15/6/2020) kemarin, menyebutkan bahwa Kabupaten Magelang sudah bestatus zona merah bersama dua daerah lainya yakni Kabupaten Demak dan Kota Semarang. Ganjarpun akan akan mengirimkan surat terkait penanganan covid-19 untuk tiga daerah tersebut.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply