» » Mengapa Tanaman Hias ini Laris dan Dinamakan Janda Bolong


kabarMagelang.com__Musim Pandemi Covid 19, permintaan tanaman hias di berbagai tempat justru terus meningkat.Dan salah satu tanaman yang paling diminati adalah "Janda Bolong". Tumbuhan spesies Monstera adansonii variegated ini sedang menjadi incaran pembeli,  sehingga membuat sejumlah penjual tanaman hias kehabisan stok.

"Sudah beberapa bulan terakhir, banyak yang cari Janda Bolong. Saya sampai kehabisan stok," kata Chamilatul Chasanah, pemilik salah satu kios tanaman hias di Desa Giyanti, Kecamatan Candimulyo Magelang, Kamis (1/10/2020).

Dia mengungkapkan, baru kali ini Janda Bolong diburu banyak orang, dan penggemarnya kebanyakan ibu-ibu muda. Setiap hari ada saja yang datang menanyakan janda bolong.

"Terutama kalau Sabtu dan Minggu bisa puluhan orang yang datang dan mencari cari janda bolong," katanya.

Sebagai Penjual tanaman hias sejak 25 tahun lalu ini mengaku tidak mengetahui secara pasti, mengapa hanya jenis janda bolong yang banyak dicari. "Mungkin karena namanya yang unik ya, atau jika mungkin jika dipoto tampak bagus atau gimana,” ujar Chamilatul.

mungking banyak orang-orang kaya yang menjadikan tanaman ini sebagai hiasan dirumah, sehingga banyak yang kepingin. Kalau difoto memang kelihatan bagus," katanya.

Karena banyak peminat, menjadikan harga Janda Bolong meroket. Apalagi saat ini sudah cukup langka. Dulu, sebelum Pandemi Covid-19 harga tiap daunnya Rp 15 ribu. Sekarang, tak bisa diprediksi tergantung permintaan pasar. Ada yang ratusan ribu bahkan hingga jutaan.

"Semakin langka, semakin mahal," jelas Chamilatul  .

Tanaman hias janda bolong ini bisa dibilang unik, karena di bagian  daunnya memiliki lubang alami yang menjari sesuai tulang daun. Daunnya berwarna hijau cerah. Tanaman ini tergolong tanaman rambat. Memiliki akar angin dan tumbuh di tempat yang teduh. Monstera ini diyakini mampu mendatangkan atmosfer hutan tropis di dalam ruangan.

Selain ditanam di tanah, janda bolong bisa ditanam dengan sistem hidroponik. Dapat bertahan di dalam ruangan. Selain mempersegar, juga dapat mengangkat keindahan ruangan.
"Jadi dinamakan Janda Bolong, karena tanaman ini hidup sendirian," pungkasnya .(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply