Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » PT.TWC dan BKB Menetapkan Kesepakatan Baru Penggunaan Guide di Candi Borobudur

kabarMagelang.com__PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) (TWC) bersama Balai Konservasi Borobudur (BKB) telah melakukan evaluasi atas penerapan pengaturan kunjungan di Candi Borobudur selama masa pandemic Covid-19.

Sekretaris Perusahaan TWC Emilia Eny Utari, menjelaskan selama masa pandemi, kebijakan pengaturan kunjungan di Taman Wisata Candi Borobudur disesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan yang berlaku untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pengunjung sesuai dengan standarisasi CHSE.

“Yaitu menggunakan masker, menjaga jarak serta mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer dengan fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola destinasi,” jelanya Selasa (15/12/2020).

BKB dalam Protap (Prosedur Tetap) Kunjungan ke Zona 1 Candi Borobudur menetapkan kebijakan pendampingan guide bagi pengunjung yang akan naik ke Zona 1 Candi Borobudur di awal masa pandemi dengan tujuan untuk meningkatkan nilai edukasi dan pendampingan monitoring protokol kesehatan.

Namun, pada penerapannya terkait implementasi dan efektifitas penggunaan guide dimaksud belum sesuai dengan ekspetasi pengunjung dan pelaku pariwisata.

“Kami menerima laporan dari pengunjung dan pelaku pariwisata yang menyampaikan keluhan di social media atas ketidaknyamanannya dalam melakukan kunjungan di Candi Borobudur, terutama kaitannya dengan kewajiban pengunjung untuk menggunakan jasa guide berbayar jika akan memasuki area Halaman Zona 1,” ungkap Emilia.

Untuk itu pihaknya mohon maaf atas ketidaknyamanan dalam kunjungan tersebut dan saat ini telah dilakukan evaluasi bersama dengan Balai Konservasi Borobudur yang dilaksanakan pada Jumat (11/12/202) di Ruang Awadhana, Unit Manohara Borobudur kemarin, untuk menentukan kebijakan yang lebih sesuai.

Hasil pembahasan evaluasi dan koordinasi kemarin, TWC dan BKB telah membuat Berita Acara Kesepakatan Bersama “Evaluasi Pengaturan Kunjungan Wisatawan di Halaman Zona 1 Candi Borobudur” yang menetapkan penggunaan guide di Halaman Zona 1 Candi Borobudur sudah tidak diberlakukan mulai tanggal 15 Desember 2020 hingga disahkannya perubahan Protap Kunjungan ke Zona 1 Candi Borobudur di Era Adaptasi Kebiasaan Baru pada Masa Pandemi Covid-19 oleh Dirjen Kebudayaan.

“Kami selaku pengelola Zona 1 dan Zona 2 telah mengevaluasi protap dimaksud untuk disesuaikan dengan kondisi saat ini.” jelas Kepala Balai Konservasi Borobudur Wiwit Kasiyati.(Kbm2)

.

  

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply