» » » Pengurus Dekranasda Kota Magelang Dituntut Kreatif

KabarMagelang.com__Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Magelang dituntut untuk kreatif dan inovatif serta menukung penuh kemajuan Kota Magelang. Sebab, Dekranasda adalah wajah Kota Magelang.

Hal itu dikatakan Niken Ichtiaty Muchamad Nur Aziz, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Magelang, pada acara pengukuhan pengurus Dekranasda masa bakti 2021-2026 di Pendopo Pengabdian kompleks rumah jabatan Wali Kota Magelang, Selasa (30/3/2021).

Pada acara itu, juga diadakan sarasehan tentang Startegi Bagi IKM Kerajinan untuk Bertahan di Masa Pandemi yang diikuti oleh sejumlag pelaku IKM di Kota Magelang.

Niken berharap berharap nama-nama yang tercantum dalam kepengurusan memberikan support penuh terhadap kemajuan Dekranasda Kota Magelang. Tidak hanya mencantumkan nama, tapi harus diwujudkan dalam kinerja yang nyata.

"Dekranasda adalah wajah Kota Magelang, mau diberi apa wajahnya tergantung kita. Dekranasda itu ada di luar benteng, tapi di luar itulah orang bisa melihat/mengkspose bagaimana wajah yang sesungguhnya, kita perwakilan profil Kota Magelang secara keseluruhan," paparnya,

Niken berharap para pengurus bisa menjalankan amanah sebaik-baiknya. Kreatifitas harus terus ditumbuhkan, selain juga kerjasama dan kekompakan antarpengurus maupun anggotanya.

"Kalau kita tidak kreatif ya monoton hanya itu itu saja, untuk itu marilah kita bekerja sama, bergandengan tangan untuk membuat perubahan, agar Dekranasda tidak terpinggirkan, tapi betul-betul mewakili profil kota magelang," katanya.

Di sisi lain, Dekranasda juga memiliki tanggung jawab ikut mendukung Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kota Magelang. Salah satunya upayanya adalah dengan sarasehan yang diadakan bersamaan dengan kegiatan pelantikan pengurus ini.

Menurutnya, pendemi Covid-19 banyak pelaku IKM/UMKM yang mati suri, bahkan ada yang benar-benar mati. Ini menjadi tugas bersama untuk mendorong kratifias agar ekomoni IKM/UMKM Kota Magelang bisa bangkit lagi.

"IKM tidak hanya bertahan tapi juga harus bisa meningkatkan produksinya secara kualitas maupun kuantitas meski di tengah pendemi Covid-19. Siapa yang bisa bertahan dialah yang bisa adaptasi lingkungam. Semoga sarasehan ini bisa bermanfaat," papar Niken.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang Catur Budi Fajar Sumarmo menjelaskan, selain pelantikan pengurus, sarasehan dalam bentuk talkshow ini diselenggarakan dalam rangka HUT ke-41 Dekranasda. Sarasehan diikuti oleh sejumlah pelaku IKM Kerajinan di Kota Magelang.

Pihaknya menghadirkan narasumber berkompeten, yakni Roy Wibisono Anang Pranowo CEO Naruna Keramik Salatiga dan Hadiono Nugroho anggota Komisi B DPRD Kota Magelang.

"Tujuan sarasehan ini untuk mendorong dan memotivasi IKM Kerajinan, bahwa pademi tidak menghalangi IKM untuk bergerak, bekerja dan bertransformasi dalam meningkatkan, dan mengembangkan, serta inovasi dan kreatif terhadap produk-produknya," jelas Catur. (Kbm2).

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply